UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION SISWA KELAS IV MI MA'ARIF PAGERWOJO SIDOARJO

Ulfa, Mahani (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION SISWA KELAS IV MI MA'ARIF PAGERWOJO SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran dikarenakan guru dalam menyampaikan materi masih kurang leluasa dan tidak adanya media yang hanya mengacu pada buku paket dan LKS. Sehingga siswa kurang aktif dan sulit dalam memahami pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Maka perlu diterapkannya strategi pembelajaran yang meransang kemampuan berpikir siswa dalam memahami materi secara utuh, salah satunya dengan penerapan strategi pembelajaran explicit instruction.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar materi operasi hitung campuran mata pelajaran Matematika siswa kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran dengan menggunakan strategi pembelajaran Explicit Instruction mata pelajaran Matematika siswa kelas IV MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo?Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran Matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo, (2) Mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran melalui strategi pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin, dimana satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua cara, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran explicit instruction berlangsung dengan baik dan mengalami perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil observasi dapat dilihat pada siklus I observasi guru adalah 79 dan observasi siswa 80 sedangkan pada siklus II observasi guru adalah 82 dan observasi siswa 82 dan pada siklus III observasi guru adalah 87 dan observasi siswa 86, (2) Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat pada prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 52% dengan rata-rata nilai kelas 73, sedangkan pada siklus II mencapai 65% dengan rata-rata nilai kelas 83 dan pada siklus III mencapai 84% dengan rata-rata nilai kelas 88. Dengan indkator 76% untuk ketuntasan hasil belajar dan 81 untuk nilaiu rata-rata nilai kelas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran Explicit Instruction
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfa Mahani
Date Deposited: 02 Sep 2016 07:59
Last Modified: 02 Sep 2016 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item