PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMERAGAKAN DINAMIKA LAGU WAJIB NASIONAL MELALUI MODELING THE WAY PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL IHSAN SUKODONO

Indrianti, Reni (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMERAGAKAN DINAMIKA LAGU WAJIB NASIONAL MELALUI MODELING THE WAY PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL IHSAN SUKODONO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara awal peneliti diketahui permasalahan yakni tingkat keterampilan memeragakan dinamika lagu wajib nasional mata pelajaran SBK kelas IV di MI Roudlotul Ihsan Sukodono masih rendah. Dari jumlah siswa yang berada dalam kelas IV ada 29 anak dibuktikan dengan KKM yang ditetapkan pada materi ini yaitu 70. Presentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM adalah 48% atau 14 siswa. Sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 52% atau 15 siswa.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan strategi modeling the way dalam mengingkatkan keterampilan memeragakan dinamika lagu wajib nasional pada kelas IV MI Roudlotul Ihsan Sukodono. 2) Untuk mengetahuipeningkatan keterampilan memeragakan dinamika lagu wajib nasional pada kelas IV MI Roudlotul Ihsan Sukodono setelah menggunakan strategi modeling the way.Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Strategi yang digunakan yakni Modeling The Wayadalah strategi yang lebih mengutamakan kecerdasan dalam membuat keterampilan yang disenangi peserta didik, tetapi tidak lepas dari materi yang diajarkan. Strategi ini sangat cocok dalam membangun pertumbuhan kecerdasan peserta didik agar peserta didik terampil dan berkembang dengan cara guru memeragakan keterampilan dan mengajarkan materi secara mendetail kepada peserta didik.Setelah melakukan penelitian melalui dua siklus pada mata pelajaran SBK materi dinamika lagu wajib nasional kelas IV di MI Roudlotul Ihsan Sukodono maka diperoleh hasil peningkatan, pada siklus I aktivitas siswa mencapai 68 kategori cukup dan meningkat pada siklus II yakni 88 kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I yakni 66.kategori cukup dan meningkat pada siklus II yakni 90% dalam kategori sangat baik. Selain itu ditandai dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah66 dan pada siklus II meningkat mencapai 90.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Modeling The Way; Peningkatan Keterampilan.
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indrianti Reni
Date Deposited: 02 Sep 2016 08:05
Last Modified: 02 Sep 2016 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item