PENINGKATAN KETERAMPILAN TATA CARA BERWUDLU PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS 1 SDN TEMAYANG 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatin, Nikmatun Rizqina (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN TATA CARA BERWUDLU PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS 1 SDN TEMAYANG 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam tata cara berwudlu pada mata pelajaran Fiqih, hal ini karena penyampaian materi yang hanya dilakukan dengan ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa pasif dan kurang terampil dalam mempraktekkan tata cara berwudlu.. Di harapkan dengan menggunakan metode Modelling the way akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Yaitu meningkatkan keterampilan siswa kelas I SDN Temayang 2 Bojonegoro dalam pembelajaran Fiqih materi Tata cara berwudlu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui tingkat keterampilan mata pelajaran Fiqih materi Tata cara berwudlu sebelum diterapkan metode Modelling the way pada siswa kelas I SDN Temayang 2 Bojonegoro, (2) mengetahui penerapan metode Modelling the way dalam peningkatan keterampilan berwudlu siswa mata pelajaran Fiqih materi Tata cara berwudlu pada siswa kelas I SDN Temayang 2 Bojonegoro, dan (3) mengetahui peningkatan keterampilan Tata cara berwudlu siswa mata pelajaran Fiqih menggunakan metode Modelling the way pada siswa kelas I SDN Temayang 2 Bojonegoro.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keterampilan siswa sebelum diterapkan metode Modelling the way masih rendah, diketahui dari 8 siswa yang ada di kelas I hanya 2 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Dengan perolehan nilai terendah adalah 44,4dan nilai tertinggi adalah 94,4 , serta nilai rata-rata kelas mencapai 58,5. (2) Penerapan metode Modelling the way berjalan efektif baik pada siklus I maupun siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 82,1 pada siklus I menjadi 96,4 pada siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 92,5pada siklus II. (3) Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 25 % dengan rata-rata 58,5 sebelum diterapkan metode Modelling the way, menjadi 37,5 % dengan rata-rata 73,96 pada siklus I dan 87,5% dengan rata-rata 83,37 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Modelling the way mampu meningkatkan keterampilan siswa kelas I dalam mata pelajaran Fiqih di SDN Temayang 2 Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatin, Nikmatun Rizqinanikmatun.rizqina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Keywords: Peningkatan keterampilan; Fiqih; Metode Modelling The Way.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizqina Nikmatun
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:25
Last Modified: 02 Sep 2016 03:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item View Item