PENANAMAN DISIPLIN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI PG/TK ISLAM AL-FATTAH SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisaq, Putri Ayu (2016) PENANAMAN DISIPLIN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI PG/TK ISLAM AL-FATTAH SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari penanaman disiplin diri pada anak usia dini di PG/TK ISLAM Al-Fattah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wali Kelas Kelompok A PG/TK ISLAM Al-Fattah Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Spradley, yaitu teknik analisis data yang disesuaikan dengan tahapan dalam penelitian.Hasil penelitian ini menemukan dua kategori temuan. Pertama, proses penanaman disiplin diri pada anak usia dini di PG/TK Islam Al-Fattah Sidoarjo menggunakan tipe disiplin demokratis, disiplin ini menekankan penjelasan dan arti yang mendasari peraturan. Kedua, dari hasil observasi dan wawancara hasil penanaman disiplin diri pada anak usia dini di PG/TK Islam Al-Fattah Sidoarjo adalah anak menjadi disiplin terhadap waktu yaitu sebagian besar siswa mau mengikuti apa yang diinstruksikan oleh gurunya karena mereka merasa tertarik dengan materi yang akan diberikan, disiplin terhadap tata tertib misalnya sebagian besar siswa menggunakan seragam sekolah dengan atribut yang lengkap karena siswa telah memahami fungsi dari pakaian yang telah dijelaskan oleh guru di kelas, dan disiplin terhadap prosedur kerja administrasi yaitu sebagian besar siswa mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena siswa merasa tertarik dengan apa yang dikerjakannya serta siswa akan mendapatkan reward apabila berhasil menyelesaikannya. Saran untuk guru agar terus mempertahankan penanaman disiplin diri pada anak usia dini atau dapat lebih ditingkatkan lagi. Bagi peneliti yang akan datang perlu mempersiapkan penelitian ini dengan sebaik mungkin, terutama kualitas penelitian sebagai instrumen utama pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisaq, Putri Ayusanjana.putri@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Disiplin Sekolah
Keywords: Penanaman; Disiplin; Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nisaq Putri Ayu Khoirun
Date Deposited: 02 Sep 2016 07:28
Last Modified: 02 Sep 2016 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13856

Actions (login required)

View Item View Item