Penerapan Strategi Tgt (Teams Games Tournament) berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV SDI Plus Al Azhar Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dara, Restu (2016) Penerapan Strategi Tgt (Teams Games Tournament) berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV SDI Plus Al Azhar Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas IV SDI Plus Al Azhar Mojokerto menunjukkan bahwa minat belajarnya dalam kategori sedang yaitu 27,77%, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian, dari 18 siswa hanya 5 siswa yang memiliki yang antusias mempelajari tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Penyebabnya adalah pelajaran ini diajarkan tanpa menggunakan media ataupun metode khusus. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan strategi TGT.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1. Untuk mengetahui penerapan strategi TGT berbantuan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, 2. Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDI Al Azhar Plus Mojokerto pada mata pelajaran SKI materi tentang mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya setelah menggunakan strategi TGT. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Aksi atau tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Plus Al Azhar, dengan jumlah 18 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan instrumen lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa, wawancara menggunakan instrumen pedoman wawancara dan angket menggunakan instrumen butir-butir angket.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Penerapan strategi TGT berbantuan media audio visual pada mata pelajaran SKI materi mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya kelas IV SDI Plus Al Azhar Mojokerto dapat diterapkan dengan sangat baik dalam pembelajaran tersebut, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan dalam observasi guru dan siswa dari siklus I dan siklus II yang dapat ditunjukkan dalam meningkatnya skor akhir pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, yaitu 37,5 pada siklus I dan 82,6 dalam siklus II. Dan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran dengan menerapkan strategi TGT terdapat peningkatan skor akhir pada tiap siklusnya, yaitu 30,7 pada siklus I, dan pada siklus II mencapai 80,7, 2. Peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDI Al Azhar Plus Mojokerto setelah digunakan strategi TGT pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat hasil angket minat belajar siswa dan persentase minat belajar kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu pra siklus presentase 11,11%, siklus I hanya 27,77%. Kemudian angket minat belajar siswa meningkat pada siklus II mencapai persentase 88,88%. Sehingga terjadi peningkatan persentase minat belajar kategori tinggi dan sangat tinggi dari siklus I ke siklus II sebesar 61.11%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dara, Resturestudara10@gmail.comD07212031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Uncontrolled Keywords: Dakwah Nabi Muhammad: Minat Belajar: Strategi TGT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuri Wahidatus Solihah
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:39
Last Modified: 11 Nov 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item