TEKNIK RUQYAH SHAR'IYYAH DALAM SUNAN ABU DAWUD NOMOR INDEKS 3891

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathurrohman, M. (2016) TEKNIK RUQYAH SHAR'IYYAH DALAM SUNAN ABU DAWUD NOMOR INDEKS 3891. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Ruqyah shar’iyyah merupakan salah satu cara pengobatan yang diajarkan oleh Nabi Saw. Namun dewasa ini banyak praktik teknik ruqyah yang tidak syar’i sehingga dapat menjerumuskan masyarakat ke dalam proses ruqyah shar’iyyah yang tidak disyariatkan. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kualitas sanad dan matan hadis tentang teknik ruqyah shar’iyyah dalam Sunan Abu Dawud (2) Bagaimana kehujjahan hadis tentang teknik ruqyah shar’iyyah dalam Sunan Abu Dawud (3) Bagaimana pemaknaan hadis tentang teknik ruqyah shar’iyyah dalam Sunan Abu Dawud. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), dalam menjawab penelitan tersebut dilakukan dengan pengumpulan data yang diperoleh dari kitab-kitab hadis dan sharh hadisnya,. Kemudian dilakukan analisa dengan melakukan takhrij terhadap hadis yang diteliti, melakukan kritik sanad maupun matan terhadap hadis yang diteliti dan mencari pemahaman dari pemaknaan hadis ini. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hadis tentang teknik ruqyah shar’iyyah dalam Sunan Abu Dawud ini bernilai Sahih li Dhatihi karena sudah memenuhi kriteria ke-S}ah}i>h}-an hadis dan juga hadis ini dapat dijadikan hujjah serta dapat diamalkan (maqbul ma‘mul bih ) karena termasuk hadis muhka>m. Adapun pemahaman tentang teknik ruqyah shar’iyyah dalam kitab Sunan Abu Da>wud bahwa (a) ruqyah merupakan pengobatan ilahiyah dan T}ibbu an- Naba>wi yang di dalamnya mengandung dhikrullah, tauh}id (berharap hanya kepada-Nya) dan meminta pertolongan dengan kemuliaan serta kekuasaan-Nya. Karena segala penyakit datangnya dari Allah, dan kesembuhan datangnya juga dari Allah. Sementara Rasulullah Saw telah mengajarkan bagaimana teknik-teknik cara pengobatan ila>hiyah yang benar sehingga dapat menyebabkan kesembuhan. (b) Ruqyah Shar’iyyah merupakam sebuah terapi syar’i dengan cara membacakan ayat-ayat suci al-Qur’an dan do’a-do’a perlindungan yang bersumber dari Rasulullah Saw. (c) Ruqyah Shar’iyyah bertujuan untuk melakukan terapi pengobatan dan penyembuhan bagi orang yang terkena gangguan dan penyakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathurrohman, M.pemudasyurga93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Keywords: Ruqyah, Pengobatan Nabi, Thib An-Nabawi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: FATHURROHMAN M.
Date Deposited: 01 Sep 2016 07:48
Last Modified: 01 Sep 2016 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item View Item