AL ANASHIR AL KHARIJIYYAH FI SYI’IR HASSAN BIN TSABIT : DIRASAH ADABIYYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Mau’idhatul (2014) AL ANASHIR AL KHARIJIYYAH FI SYI’IR HASSAN BIN TSABIT : DIRASAH ADABIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Nama lengkapnya adalah Hasan bin Tsabit bun Mundzir bin Haram bin Amr bin Zaid Manah bin Adiyy bin Malik bin Hajar. Hasan bin Tsabit adalah penyair Arab dari bani Anshor, Hasan bin Tsabit dilahirkan di Madinah pada tahun 60SM, dan wafat juga di Madinah pada tahun 50 hijriyah pada masa Khalifah Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Beliau wafat pada umur 120 tahun, 60 tahun beliau hidup dalam masa jahiliyyah dan 60 tahun lagi beliau hidup pada masa Islam. Hasan bin Tsabit adalah penyair pada masa Rasulullah, dan setiap syi’irnya mengandung tujuan-tujuan dan unsur-unsur yang berbeda, diantanya: syi’ir ء هجا ditujukan untuk orang-orang kafir Quraisy, dan syi’ir ح مد ditujukan untuk Rasulullah dan sahabat-sahabatnya.
Unsur ekstrinsik dalam sebuah karya sastra adalah unsur luar yang membantu dan mempengaruhi penulisan karya sastra tersebut. Pemahaman unsur ekstrinsik suatu karya sastra, akan membantu dalam hal pemahaman makna karya itu sendiri, mengingat bahwa karya sastra tidak muncul dari situasi kekosongan budaya saja, akan tetapi karya sastra juga muncul dikarenakan situasi dan kondisi lingkungan disekitar penulis.
Fokus atau rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apa sajakah bait-bait syi’ir Hasan bin Tsabit yang mengandung unsur-unsur ekstrinsik? 2). Apa sajakah macam-macam unsur-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam syi’ir Hasan bin Tsabit?. Dengan adanya 2 permasalahan ini, maka penulis menggunakan kajian analisis karya sastra, dan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk membantu penulis dalam menganalisis permasalahan yang dikemukakan, dan dalam hal ini penulis hanya membatasi 3 unsur ekstrinsik saja yang akan dianalisis, meliputi lingkungan sosial, lingkungan ekonomi, dan lingkungan politiknya.
Dengan demikian, dari hasil penelitian dan analisis si penulis, maka ditemukan 30 bait syi’ir dari jumlah 1982 bait syi’irnya Hasan bin Tsabit yang didalamnya mengandung 3 unsur-unsur ekstrinsik yang telah disebutkan, yaitu unsur ekstrinsik yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial, unsur ekstrinsik yang dipengaruhi oleh lingkungan ekonomi dan unsur ekstrinsik yang dipengaruhi oleh lingkungan politik si pengarang syi’ir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Burhan Djamaluddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Mau’idhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Uncontrolled Keywords: Ekstrinsik; Syi’ir Hasan Bin Tsabit
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 08:23
Last Modified: 03 Feb 2015 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item