PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI PERMAINAN SCATTERGORIES PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL IHSAN SUKODONO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Iftahul (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI PERMAINAN SCATTERGORIES PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL IHSAN SUKODONO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan lapangan bahwa siswa kelas IV MI Roudlotul Ihsan Sukodono mengalami kesulitan pada materi menulis Aksara Jawa. Berdasarkan dokumen nilai ulangan harian, diperoleh data sebanyak 44% dari jumlah 29 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 66. Hal ini tidak sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yakni 85%. Fokus penelitian ini adalah mengajarkan keterampilan menulis Aksara Jawa melalui metode permainan Scattergories. Penggunaan metode ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan Scattergories dalam meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa kelas IV MI Roudlotul Ihsan Sukodono. Serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa melalui penerapan permainan Scattergories. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan memperbaiki kinerja guru sehingga keterampilan menulis siswa meningkat. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan model PTK ini maka tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan dilakukan pada saat yang bersamaan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, serta hasil tes tiap siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal tes keterampilan menulis siswa, dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengukur ketuntasan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada materi menulis Aksara Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis Aksara Jawa melalui penerapan permaianan Scattergories dapat meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa kelas IV MI Roudlotul Ihsan Sukodono. Sebelum penerapan permainan Scattergories ketuntasan belajar siswa sebesar 44% dengan nilai rata-rata 57, setelah dilaksanakan pembelajaran pada siklus I mejadi 58% dengan nilai rata-rata 59, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 86% dengan nilai rata-rata kelas 72. Dari hasil akhir tersebut maka pembelajaran menulis Aksara Jawa dikategorikan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Iftahuliftahulfikriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Permainan Scattergories; Keterampilan Menulis Aksara Jawa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fikriyah Iftahul
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:59
Last Modified: 08 Sep 2016 05:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item