TANMIYAH MAHARAH AL KALAAM BISTIKHDAAM WASIILAH AL TA’LIM AL SHUWARI : BAHS IJRA’II SHOFII FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH RAUDLATUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

As'ari, Hasyim (2014) TANMIYAH MAHARAH AL KALAAM BISTIKHDAAM WASIILAH AL TA’LIM AL SHUWARI : BAHS IJRA’II SHOFII FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH RAUDLATUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah merupakan kompetensi salah satu kompetensi inti dalam pembelajaran bahasa arab dinisbatkan sebagai alat komunikasi. Kebanyakan pelajaran bahasa arab yang diajarkan di sekolah berkutat di kompetensi membaca dan qowaid, sehingga pelajar bahasa arab kurang terbiasa dalam kompetensi berbicara.
Dengan latarbelakang itulah, peneliti mencermati proses pembelajaran bahasa arab yang ada di MA Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Peneliti menemukan beberapa masalah yang timbul dalam proses pembelajaran bahasa arab, terutama di dalam pembelajaran berbicara. Kurangnya optimalisasi media pembelajaran menjadi hal yang diteliti. Kompetensi berbicara dalam bahasa arab kurang efektif dikarenakan kurangnya materi pembelajaran berbicara, inovasi media pembelajaran, dan pembiasaan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa arab.
Setelah mennganalisis dan mencermati hasil observasinya. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan hasil rumusan observasinya sebelumnya. Peneliti menggunakan gambar menjadi media pembelajarannya dalam mengembangkan kompetensi berbicara siswa MA Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo.
Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mendiskripsikan permasalahan pembelajaran siswa dalam bidang kompetensi berbicara serta memberikan solusinya. Hasil yang didapat dalam PTK dilaporkan oleh peneliti dengan mendiskripsikan penerapan media pembelajaran gambar dalam kompetensi berbicara, dan hasil yang diraih siswa dalam proses penelitian itu.
Peneliti menggunakan metode presentase dalam menganalisis hasil PTK. Dan menetapkan nilai 70 sebagai standar minimal penilain suksesnya penelitian. Proses PTK terjadi menjadi 2 siklus. Siklus yang pertama nilai yang didapat siswa kelas X MA Roudlotul Banat menunjukkan rata-rata 69, sehingga peneliti membutuhkan siklus kedua. Di siklus ke dua nilai yang didapat siswa kelas X MA Roudlotul Banat menunjukkan rata-rata 75.
Berdasarkan standar nilai minimal 70 yang ditetapkan, maka peneliti memutuskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “pengembangan kompetensi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zainul Arifin
Creators:
CreatorsEmailNIM
As'ari, HasyimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Media Gambar; Ketrampilan Berbicara; PTK
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 06:45
Last Modified: 10 Mar 2015 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item