IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI PROFESSION KELAS II MINU NGINGAS WARU

Indrawati, Iin (2016) IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI PROFESSION KELAS II MINU NGINGAS WARU. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIMINU Ngingas Waru menunjukkan bahwa kemampuan menghafal kosakatanya dalam kategori rendah yaitu 26,31%, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian, dari 38 siswa hanya 10 siswa yang memiliki kemampuan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris materi profession. Penyebabnya adalah pelajaran ini diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media Papan Flanel.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1. Untuk mengetahui implementasi media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Inggris materi profession pada siswa kelas II di MINU Ngingas, 2.Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal kosakata bahasa Inggris materi profession pada siswa kelas II di MINU Ngingas dengan menggunakan media papan flanel.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Aksi atau tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IIMINU Ngingas dengan jumlah 38 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Implementasimedia papan flanel pada mata pelajaran bahasa Inggris materi profession kelas IIMINU Ngingas dapat diterapkan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan prosentase nilai akhir pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, yaitu 70,83 pada siklus I dan 85,00 dalam siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan prosentase nilai akhir pada tiap siklusnya, yaitu 70,00 pada siklus I, dan 85,00 pada siklus II. 2. Kemampuan menghafal kosakata siswa kelas IIMINU Ngingas setelah menggunakan media papan flanel pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan denganprosentase kemampuan menghafal kosakata siswa dalam kategori tinggi yaitu dari prasiklus 26,31%, siklus I hanya 57,89%,kemudian meningkat pada siklus II mencapai persentase 86,84%.Sehingga terjadi peningkatan prosentase kemampuan menghafal dalam kategori tinggi dari pra siklus ke siklus II sebesar 60,53%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal; Kosakata; Media papan flanel
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Pendidikan > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indrawati Iin
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:17
Last Modified: 23 Sep 2016 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item