MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI MANBAUL ULUM MOJOPUROGEDE BUNGAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asyhari, Moh. (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI MANBAUL ULUM MOJOPUROGEDE BUNGAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelompok seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pembelajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai belajar kerja kelompok yang terstruktur. Yang lima unsur pokok, yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD Mata pelajaran Matematika Materi Pengukuran Sudut pada siswa kelas V MI Manbaul ulum? (b) Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Manbaul ulum?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V MI Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas V MI Manbaul Ulum, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran Matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A.Z.Fanani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asyhari, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; Kooperatif Tipe STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 02:50
Last Modified: 10 Mar 2015 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item