Implementasi Teknik Latihan Asertif dalam Mengatasi Perilaku Pasif : Studi Kasus Siswa “X” pada Pelajaran Matematika di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Miftakhul (2016) Implementasi Teknik Latihan Asertif dalam Mengatasi Perilaku Pasif : Studi Kasus Siswa “X” pada Pelajaran Matematika di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penulis berusaha untuk mengupas judul tersebut. Dimulai dengan mendeskripsikan tentang siswa “X” yang memiliki perilaku pasif, berikutnya melakukan idendifikasi kasus terhadap siswa “X” , mendiagnosis masalah yang dialami siswa“X”, memberikan terapi teknik latihan asertif dan melakukan evaluasi dan follow up terhadap siswa “X” yang memiliki perilaku pasif.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dikarenakan peneliti ingin mendapatkan sesuatu yang obyekitif dengan mendapat sumber langsung dari guru bimbingan konseling (Konselor), siswa X (klien), wali kelas klien, teman kelasnya. Dalam skripsi ini juga menggunakan studi kasus untuk bisa mengungkapkan kasus siswa secara terperinci.Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil kuesioner dan observasi langsung di kelas peneliti menemukan siswa “X” yang merupakan siswa pasif di kelas pada pelajaran matematika, cenderung pendiam, acuh tak acuh dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya atau berpendapat jika tidak mengerti terhadap suatu materi pelajaran matematika. Maka dari itu, dilakukanlah konseling yang dilakukan konselor dengan menggunakan teknik latihan asertif. Diawali dengan mengidentifikasi kasus, mendiagnosis kasus, memberikan terapi serta evaluasi dan follow up dapat diketahui bahwa siswa tersebut tergolong pasif dalam pelajaran matematika. Dalam proses terapi yang dilakukan siswa “X” dapat mengatasi perilakunya dengan menunjukan perubahan sikap menjadi lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapatnya pada guru, dari sinilah dapat di simpulkan bahwa implementasi teknik latihan asertif cukup berhasil membantu mengatasi perilaku pasif siswa “X” pada pelajaran matematika

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Miftakhulmitahidayah343@gmail.comD93212088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAhmad, Masyhudimasyhudiahmad7@gmail.com2022065601
Subjects: Matematika
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Latihan Asertif; Siswa yang Memiliki Perilaku Pasif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Hidayah Miftakhul
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:41
Last Modified: 05 Dec 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

View Item View Item