MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH LEBANISUKO WRINGINANOM GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nadlifah, Lailatun (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH LEBANISUKO WRINGINANOM GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh seorang guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentuan keberhasilan. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar Al Qur’an Hadist siswa kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik masih rendah. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum memuaskan. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan model pembelajaran pemberian tugas belajar dan resitasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan implementasi metode pemberian tugas dan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik materi pokok surat Al Kaafirun?
Penelitian ini dilaksanakan di MI Darunnajah yang beralamatkan di desa Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V semester I MI Darunnajah Lebanisuko yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini rencananya dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap sikuls terdiri dari tahap pemberian tugas, pelaksanaan dalam mengerjakan tugas tersebut, dan tanggungjawab siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut. Indikator keberhasilan belajar siswa jika 75% siswa mencapai nilai 60 atau lebih, dengan rata-rata hasil
belajar minimal mencapai nilai 65 dan 80% siswa terlibat secara aktif selama proses belajar mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,1 dan ketuntasan belajarnya 70,6 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,5 dan ketuntasan belajarnya 79,4 %.
Simpulan yang dapat diambil adalah dengan metode pemberian tugas maka siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya di kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Wringinanom Gresik pada mata pelajaran Al Qur,an Hadits pokok bahasan surat Al Kaafirun.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhammad Salik
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pembelajaran; Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits; Metode Pemberian Tugas Belajar
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 02:08
Last Modified: 10 Mar 2015 02:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item