Peningkatan pemahaman materi perjuangan melawan penjajah Jepang melalui metode pembelajaran scramble pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifatullah, Ariana (2016) Peningkatan pemahaman materi perjuangan melawan penjajah Jepang melalui metode pembelajaran scramble pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah Jepang dilaksanakan di MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo kelas V belum maksimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan kuis dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak dari pemahaman siswa menurun. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada saat sebelum dilakukannya penelitian jauh dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Menanggapi hal tersebut maka peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran Scramble sebagai salah satu metode yang dapat menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Nurul Islam sukodono Sidoarjo dalam materi perjuangan melawan penjajah Jepang. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Scramble materi perjuangan melawan penjajah Jepang pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi perjuangan melawan penjajah Jepang pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble?.
Penelitian ini menggunakan model PTK Kurt Lewin. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penilaian tes. Untuk data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Scramble menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang sangat baik pada setiap aspeknya. Hal ini dapat dilihat dari hasil skoraktivitas guru siklus I sebesar 50 dan siklus II sebesar 89. Skordari aktivitas siswa siklus I sebesar 42 dan siklus II sebesar 78. Untuk presentase tes pemahaman siswa padasiklus I sebesar 52,63% dan pada siklus sebesar II 78,94%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifatullah, Arianaarianacantik53@gmail.comD07212003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Penjajah Jepang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ma'rifatullah Ariana
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:34
Last Modified: 02 Dec 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item