PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO)PADA SISWA KELAS V DI MI MUFIDAH TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofur, Abdul (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO)PADA SISWA KELAS V DI MI MUFIDAH TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat menentukan keberhasilan siswa dalam menangkap materi pembelajaran. Dari data yang diperoleh banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hanya 25% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Jadi dari 33 orang siswa, hanya 7 siswa yang mencapai kategori motivasi minimal baik. Hal ini dikarenakan guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, perlu digunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan deskripsi dari latar belakang tersebut diperoleh dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran Audio Visual (Video) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V MI Mufidah Taman Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual (Video) di Kelas V MI Mufidah Taman Sidoarjo? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Audio-Visual (Video) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V MI Mufidah. 2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran Audio-Visual (Video) di Kelas V MI Mufidah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2016, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Mufidah Taman Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian ini: 1) Nilai aktivitas guru pada siklus I adalah 77,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5. 2)nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 80 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5. 3) Motivasi belajar siswa pada tes awal (pre test) mencapai prosentase 25%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 86,21% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofur, Abdulgopunkxt@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Media visual; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghofur Abdul
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:24
Last Modified: 30 Aug 2016 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item