Analisis hukum Islam terhadap pemberian upah kuli bangunan dengan sistem utang piutang di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amilia, Kiki (2016) Analisis hukum Islam terhadap pemberian upah kuli bangunan dengan sistem utang piutang di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang “Analisis Hukum Islam Terhadap Pemberian Upah Kuli Bangunan Dengan Sistem Utang Piutang Di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana proses pemberian upah kuli bangunan dengan sistem utang piutang di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pemberian upah kuli bangunan dengan sistem utang piutang di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan?.
Data penelitian ini diperoleh dari Desa ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Madura yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data-data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif, dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus, yaitu tentang proses pemberian upah kuli bangunan dengan sistem utang piutang di Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat umum kaitannya dengan hukum Islam serta ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menyatakan bahwa praktik yang terjadi di Desa Ragang Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, adalah kuli bangunan yang membangun rumah dan upah yang diberikan kepadanya di hutang terlebih dahulu yaitu dibayarkan ketika musim tembakau. Sedangkan menurut tinjauan Hukum Islam praktik hutang piutang pemberian upah kuli bangunan diperbolehkan dalam hukum Islam, karena dalam praktik tersebut syarat dan rukun sudah terpenuhi. Selain itu menurut mazhab Hanafi hanya mensyaratkan mempercepat upah dan menangguhkannya sah.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan antara lain: Pertama Bagi masyarakat Desa Ragang khususnya bagi kuli bangunan hendaknya dalam melakukan pembangunan rumah tetap tolong menolong dalam hal apaun karena masyarakat Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan merupakan masyarakat desa yang sangat peduli kepada tetangga serta masyarakat Madura khususnya Desa Ragang sangat kental dengan tradisi. Kedua Bagi masyarakat yang membangun rumah dalam memberikan upah kepada kuli banguanan hendaknya harus mempercepat upahnya sebelum kering keringatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amilia, Kikikikiamilia777@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Upah kuli bangunan; utang piutang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Amilia Kiki
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:12
Last Modified: 08 Nov 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item