Islam dan budaya lokal upacara nyadar bagi masyarakat Islam di Desa Pinggir Papas Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidi, Ahmad (2016) Islam dan budaya lokal upacara nyadar bagi masyarakat Islam di Desa Pinggir Papas Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zubaidi_E02211013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melalui masalah ini, telah disusun Tujuan penelitian adalah:(1 )Untuk mengetahui pelaksanaan upacara Nyadar (2) untuk mengetahui masyarakat setempat memaknai upacara nyadar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi. Teknik pengumpulan data menggunakan:(1) menggunakan metode observasi,(2) menggunakan metode wawancara, dan (3) mengunakan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis yaitu data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai dengan kondisi dilapangan.Sumber data dalam penelitian ini bersifat lapangan menggunakan sumber penelitian melalui (1)sumber primer dan, 2)sumber sekunder.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa upacara Nyadar Upacara Nyadar di bagi menjadi tiga yaitu Nyadar pertama, Nyadar kedua dan Nyadar ketiga. Pada umumnya, prosesi upacara ini memakan waktu yang cukup lama. Lamanya waktu dikarenakan persiapan yang sangat mendetail guna kesempurnaan dalam kelangsungan upacara tersebut. Prosesi Nyadar ini diadakan dengan maksud untuk bersyukur dan mensyukuri nikmat dari Sang Pencipta. Prosesi jalannya Upacara Nyadar di lakukan selama tiga hari. Ini dimulai dari malam harinya. Sehari sebelum kegiatan inti esok harinya, malam harinya diadakan kegiatan slamatan yang dipimpin langsung oleh pemuka agama. Setelah selesai slametan, acara berikutnya yaitu memasang pranata sesaji ke dalam perahu-perahu kecil yang sudah disiapkan dalam prosesi upacara untuk keesokan harinya di larungkan oleh masyarakat ke laut. Makna yang diambil dari upacara Nyadar adalah sebagai pemohon pertolongan kepada Allah, sebagai sedekah masyarakat sebagai bentuk ungkapan trimakasih karena sudah ikut mendoakan, sebagai pendekatkan diri kepada Allah, sebagai ukhuwah Islamiyah, dan untuk melestarikan warisan nenek moyang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidi, Ahmadevikurnia769@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Masyarakat Islam
Adat
Uncontrolled Keywords: Islam; budaya lokal; upacara nyadar; masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Zubaidi Ahmad
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:09
Last Modified: 11 Jan 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item