SEKS PRANIKAH DIKALANGAN REMAJA : STUDI KASUS PELAJAR SLTA KOTA MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isti’anah, Binti (2014) SEKS PRANIKAH DIKALANGAN REMAJA : STUDI KASUS PELAJAR SLTA KOTA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Seks pranikah di kalangan remaja saat ini semakin meningkat. Kehidupan seksual di kalangan remaja sudah lebih bebas dibandingkan dahulu. Penelitian dalam skripsi ini memiliki 2 rumusan masalah yang hendak dikaji, yaitu:
(1)Bagaimana bentuk perilaku seks pranikah dikalangan remaja?
(2)Bagaimana motif pelaku melakukan seks pranikah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara dengan informan yaitu kaum remaja khususnya pelajar SLTA yang sedang atau pernah melakukan hubungan seks diluar nikah. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai seks pranikah pada remaja Kota Mojokerto. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskripstif dan dianalisis menggunakan teori behavioral sosiologi oleh B.F. Skinner.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwasanya bentuk-bentuk perilaku seks pranikah yang dilakukan oleh remaja SLTA di Kota Mojokerto adalah bergandengan, ciuman, bercumbu, sampai pada melakukan senggama dengan lawan jenis. Perilaku tersebut biasa mereka lakukan pada saat kapanpun dimana ada kesempatan dan lokasi yang tepat. Mereka dapat melakukannya di tempattempat sepi, seperti tempat wisata, dirumah, hotel, villa, kamar kost, dan penginapan. Berbagai motif yang dikemukakan remaja antara lain: Adanya dorongan biologis yang tidak terkontrol, adanya keinginan untuk mengaktualisasikan rasa cinta (afeksi) melalui hubungan seksual, adanya kebutuhan akan uang untuk pemenuhan hidup, adanya rasa ingin tahu yang
berlebihan. Hasil informasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya latar belakang pendidikan dan ekonomi keluarga tidak mempengaruhi perilaku remaja yang menyimpang. Ditemukan bahwasanya perilaku remaja yang menyimpang adalah pengaruh dari lingkungan sekitar seperti teman sebaya, media, dan kurangnya pengawasan serta control dari orangtua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilyas Rolis
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isti’anah, BintiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Sosiologi
Keywords: Seks Pranikah; Seks Remaja.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2015 08:09
Last Modified: 05 Feb 2015 01:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item