BIOGRAFI AL- USTADZ 'UMAR BARADJA (1913-1990) PENULIS KITAB AL-AKHLAQ LIL BANIN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wathon, Achmad Syamsul (2016) BIOGRAFI AL- USTADZ 'UMAR BARADJA (1913-1990) PENULIS KITAB AL-AKHLAQ LIL BANIN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Biografi Al-Ustadz ‘Umar Baradja (1913-1990) Penulis Kitab Al Akhlāq Lil Banīn”. Permasalahan yang akan dibahas yaitu, (1) Siapa Al-Ustadz ‘Umar Baradja dan aktifitasnya? (2) Bagaimana pemikiran Al-Ustadz ‘Umar Baradja dalam kitab Al Akhlāq Lil Banīn?
Penelitian ini dilakukandengan menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah atau cara merekontruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan data, mengkritik, menafsirkan dan mensintresiskan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis (sejarah). Sedangkan teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan Rasulullah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapatdisimpulkan bahwa, (1)Al-Ustadz ‘Umar bin Achmad Baradja adalah seorang ulama yang memiliki akhlak yang sangat mulia. Al-Ustadz ‘Umar bin Achmad Baradja lahir di kampung Ampel Maghfur Surabaya, pada 10 Jumadil Akhir 1331 H/17 Mei 1913 M. Sejak kecil dia diasuh dan dididik kakeknya dari pihak ibu, Syaikh Hasan bin Muhammad Baradja, seorang ulama ahli nahwu dan fikih. Nasab Baradja berasal dari (dan berpusat di) Seiwun, Hadramaut, Yaman. Semangat perjuangan yang dilakukan oleh Al-Ustadz ‘Umar Baradja untuk menyebarkan agama serta membentuk karakter akhlak yang baik pada anak usia dini di Indonesia umumnya dan di Ampel khususnya, yang melihat kerusakan moral yang telah menggerogoti akhlak anak usia dini saat itu. Sehingga Al-Ustadz ‘Umar Baradja mengarang sekaligus menyusun kitab Al Akhlāq Lil Banīn untuk membimbing anak usia dini agar selalu melakukan hal-hal yang positif, seperti kebersihan menjaga pakaian, sampai akhlaq kepada Allah, orang tua, guru, teman dan lain sebagainya, dan karakter yang paling banyak dijelaskan olehnya adalah karakter peduli social. Aktifitas Al-Ustadz ‘Umar Baradja semasa hidupnya yakni perannya dalam Madrasah Alkhairiyah, dalam mendirikan Yayasan, dan dalam Thariqah ‘Alawiyyah. (2) Pemikiran Al-Ustadz ‘Umar Baradja dalam kitab Al Akhlāq Lil Banīn yaitu tentang akhlak khusus bagi putra. Demikian ini karena putra sekarang akan menjadi sosok pemimpin dimasa mendatang. Apabila ia besar dalam akhlak yang mulia dan tumbuh dengan pendidikan yang benar, maka ia pun akan menjadi sosok yang akan dianut dan dipatuhi oleh anak-anaknya. serta anak-anaknya bisa menerima dasar-dasar kebaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wathon, Achmad SyamsulSyamsulArdhi70@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: Biografi; Umar Baradja
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Wathon Achmad Syamsul
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:34
Last Modified: 29 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13589

Actions (login required)

View Item View Item