STATUS PEREMPUANPARTAI POLITIK DPW PKB JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyi, Fathor (2016) STATUS PEREMPUANPARTAI POLITIK DPW PKB JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Status Perempuan Partai Politik DPW PKB Jawa Timur” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran perempuan dalam kontestasi politik di Jawa Timur menurut Fiqh siyasah. Data penelitian dihimpun dengan melalui wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai objek penelitian seara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara Undang-Undang dengan fakta di lapangan. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menjelaskan, perempuan di DPW PKB Jawa Timur memiliki beberapa peran yang dilakukan. Melihat dari jumlah kader perempuanya yang mewakili di Dewan Perwakilan Rakyat Jawa Timur sebesar 7 kader perempuan dari DPW PKB Jawa Timur. Terpilihnya perempuan menjadi anggota DPRD Jawa Timur berlatar belakang kader Perempuan DPW PKB Jawa Timur, menunjukkan bahwa secara kultural, posisi politik perempuan menunjukkan perkembangan signifikan. Perempuan DPW PKB Jawa Timur ternyata mampu menjadi anggota dewan dengan jumlah yang tidak sedikit, sebuah prestasi yang pantas diapresiasi. Hal ini merupakan sebuah nilai plus atas keterbukaan masyarakat Jawa Timur dalam proses kesetaraan gender, baik di bidang politik maupun yang lainnya. Selain peran tersebut Kader Perempuan DPW PKB Jawa Timur juga melakukan kegiatan sosial pada hari Kartini dengan model kegiatan mengunjungi Ibu-ibu yang melahirkan pada hari tersebut di rumah-rumah sakit yang ada di Jawa Timur. Kegiatan ini dimaksudkan bahwa kader perempuan DPW PKB Jawa Timur sangat merasa prihatin dengan masih banyaknya ibu-ibu di Jatim yang melahirkan bayinya secara prematur. Sebab kelahiran prematur sangat beresiko besar menghilangkan nyawa baik untuk ibu maupun bayinya. Penulis mengharapkan agar semua partai politik untuk melibatkan srikandi-srikandi partai untuk melakukan perannya dalam perpolitikan di Jawa Timur. Bagi masyarakat, penulis mengharap agar lebih mendukung terhadap keterlibatan perempuan dalam berpolitik terutama dalam perpolitikan di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyi, Fathorfathur.eros@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Rosyi Fathor
Date Deposited: 29 Aug 2016 05:07
Last Modified: 29 Aug 2016 05:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13582

Actions (login required)

View Item View Item