STUDI PLURALISME PADA AJARAN PAGUYUBAN SUMARAH DI JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF DIANA L. ECK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Zahria (2016) STUDI PLURALISME PADA AJARAN PAGUYUBAN SUMARAH DI JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF DIANA L. ECK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Paguyuban Sumarah merupakan sebuah organisasi kebatinan yang berprinsip pada ajaran bahwa kebenaran melandasi semua agama. Sikap keterbukaan terhadap semua agama yang dimiliki oleh Paguyuban Sumarah ini yang juga termasuk dalam ajaran utamanya menjadikan anggotanya berasal dari latar belakang agama yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa dilihat dari heterogenitas pengikutnya yang berasal dari berbagai macam agama seperti: Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Buddha dan Konghucu. Dengan menelaah konsep pluralisme yang diusung oleh Diana L. Eck, penelitian ini mencoba untuk menelaah dasar dari pluralisme yang terdapat pada Paguyuban Sumarah. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu; untuk mengetahui praktek keagamaan dalam Paguyuban Sumarah yang mendukung konsep pluralisme, dan untuk mengetahui sejauh mana pluralisme Paguyuban Sumarah yang sesuai dengan konsep Pluralisme Diana L. Eck.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisa deskriptif analisis yakni dengan mendeskripsikan realitas aslinya kemudian data tersebut dianalisis. Sedangkan dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta peneliti turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, praktek keagamaan yang diindikasi memiliki sikap pluralisme adalah Sujud Sumarah. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutinan yang dilakukan oleh anggota Paguyuban Sumarah untuk memperdalam keimanan dengan Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus sebagai wadah berinteraksi antara satu warga Paguyuban Sumarah dengan yang lainnya serta nilai-nilai pluralisme tersebut juga terimplikasikan dalam praktek keagamaan ini. Paguyuban sumarah juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme yang menjadi ajaran hidupnya. Hal tersebut menjadikan pluralisme Paguyuban Sumarah sesuai dengan Pluralisme Diana L. Eck. Akan tetapi kesesuaian pluralisme Paguyuban Sumarah hanya ada pada ajaran Paguyuban Sumarah, karena masih ada sikap sentimen yang dimiliki oleh sebagian warga Paguyuban Sumarah terhadap kepercayaan lain (non sumarah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Zahriazahria.zahro@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Pluralisme Diana L. Eck; Paguyuban Sumarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Zahro Zahria
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:37
Last Modified: 29 Aug 2016 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item