PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS DEMOKRASI MULTIKULTURAL DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofar, Abdul (2014) PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS DEMOKRASI MULTIKULTURAL DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Astrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang disebut-sebut sebagai bangsa yang majemuk (plural). Kemajemukan dan multikulturalitas mengisyaratkan adanya perbedaan. Bila dikelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas menghasilkan kekuatan positif bagi pembangunan bangsa. Sebaliknya, bila tidak dikelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas bisa menjadi faktor destruktif dan menimbulkan bencana dahsyat, termasuk gejala-gejala sosial yang ditimbulkan baik di internal umat Islam maupun antar agama, suku, kelompok dan lain sebagainya.Pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural baik dilingkungan pesantren maupun madrasah diniyah mutlak dibutuhkan dalam rangka ikut memberikan pemahaman maupun pengaplikasian keilmuan peserta didik yang toleran, mampu manyadari serta mensikapi perbedaan yang ada dengan positif, dan memberikan bekal pemahaman sebagai warga negara yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural, implementasi pembelajaran fiqh demokrasi multikultural, serta untuk megevaluasi sejauh mana tingkat keberhasilan maupun kegagala pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural di madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural di madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan sudah dilakukan sejak tahun 2010 berawal dari dawuh pengasuh pondok pesantren Ngalah yaitu KH. Sholeh Bahrudin tentang pentingnya memberika bekal wawasan yang luas, luwes serta ikut serta meneguhkan NKRI kepada santri, hal semacam ini sebenarnya sudah menjadi model pendidikan diyayasan Darut Taqwa Sengonagung-Purwosari-Pasuruan sejak dahulu didirikan sehinga juga berimplikasi pada model pembelajaran di madrasah diniyah Darut Taqwa sengonagung.
Desain kurikulumnya dengan dimasukkan pada kurikulum madrasah diniyah dengan dikolaborasikan dengan materi kitab kuning (fathūl muin), materi yang dikembangkan bersumber dari buku ensiklopedi fiqh jawābul masāil serta dalam pengimplemantasiannya pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural dilakukan secara khusus dan secara umum, kelebihan dan kekurangan pembelajaran fiqh berbasis demokrasi multikultural di madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan berdasarkan analisa sudah berjalan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajarannya namun ada beberapa kendala seperti kurangnya waktu, kurang meratanya kemampuan guru dalam mendesai pembelajaran, maupun jam belajar siswa yang kurang tepat, tetapi hal itu sudah dilakukan penyesuaian dan pengoptimalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofar, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqh; Multikultural; Berbasis Demokrasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 05:02
Last Modified: 09 Mar 2015 05:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item