VOCABULARY LEARNING STRATEGIES IN INTERNSHIP PROGRAM AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF SUNAN AMPEL STATE ISLAMIC UNIVERSITY SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Frida Ayu (2016) VOCABULARY LEARNING STRATEGIES IN INTERNSHIP PROGRAM AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF SUNAN AMPEL STATE ISLAMIC UNIVERSITY SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa, mengenalkan dan menginstruksikan strategi pembelajaran kosakata (vocabulary learning strategies) kepada siswa itu penting. Strategi pembelajaran kosakata membantu pelajar untuk bertanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri. Oleh karena itu, penelitian mengenai strategi pembelajaran kosakata bisa membantu guru untuk menyadari mengenai hal itu. Terdapat banyak penelitian terkait dengan strategi pembelajaran kosakata. Selain itu, penelitian sebelumnya banyak menggunakan guru profesional atau siswa sebagai partisipan. Namun, penelitian ini berfokus pada mahasiswa yang telah mengambil Program Pengalaman Lapangan (PPL 2). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis strategi pembelajaran kosakata yang mahasiswa PPL 2 pertimbangkan untuk digunakan siswa dan strategi pembelajaran kosakata yang mahasiswa PPL 2 sering gunakan untuk siswa mereka dalam PPL 2. Sumber data penelitian ini dikumpulkan dari 63 mahasiswa PPL 2 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk menggumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner. Kuesioner ini terdiri dari tiga puluh strategi pembelajaran kosakata berdasarkan taksonomi Schmitt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga puluh strategi pembelajaran kosakata yang terdapat pada questionnaire, terdapat satu strategi yang dianggap sebagai strategi yang sangat baik, dua lima strategi yang dianggap sebagai strategi yang baik, dan empat strategi yang dianggap sebagai strategi yang buruk untuk digunakan siswa. Dalam praktik mereka, mahasiswa PPL 2 menggunakan semua strategi pembelajaran kosakata yang terdapat pada questionnaire. Khususnya, mahasiswa PPL 2 sering menggunakan empat belas strategi yang terdapat pada kuesioner. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kata menggunakan gambar adalah strategi yang mahasiswa PPL 2 pertimbangkan sebagai strategi yang sangat baik untuk digunakan siswa dan strategi ini paling sering digunakan mahasiswa PPL 2. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa semakin berguna suatu strategi yang dianggap oleh mahasiswa PPL 2, frekuensi menggunakan strategi tersebut juga meningkat. Oleh karena itu, dengan melakukan penelitian ini, peneliti berharap bahwa mahasiswa PPL 2 akan mengetahui mengenai strategi pembelajaran kosakata. Selain itu, mereka juga perlu untuk memperluas pengetahuan mereka mengenai jenis strategi pembelajaran kosakata dan bagaimana cara menggunakan dan menginstruksikan strategi pembelajaran kosakata tersebut kepada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Frida Ayufridalestari15@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Vocabulary Leraning Strategies; Internship Program; Student Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lestari Frida Ayu
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:38
Last Modified: 29 Aug 2016 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item