PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI MENGENAL KEGIATAN MUSYAWARAH MATA PELAJARAN PKN MELALUI STRATEGI MEMBACA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NURUL HUDA NGAMPEL SARI CANDI SIDOARJO

Khasanah, Lailatul (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI MENGENAL KEGIATAN MUSYAWARAH MATA PELAJARAN PKN MELALUI STRATEGI MEMBACA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NURUL HUDA NGAMPEL SARI CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pada mata pelajaran PKN yang disampaikan oleh guru di dalam kelas. Hal ini tercermin dari jumlah siswa yang belum tuntas KKM . Dari jumlah siswa yag terdapat dalam kelas II, yaitu sebanyak 30 siswa hanya 12 siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 70. Sedangkan 18 siswa belum menyacapai KKM. Selain itu proses pembelajaran PKn di sekolah yang umumnya bersifat teoritis dan pembelajaran yang disampaikan guru juga monoton sehingga tidak membuat siswa aktif dalam proses belajar.Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi Membaca Gambar dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa materi Mengenal Kegiatan Musyawarah kelas II di MI Nurul Huda Ngampelsari Candi-Sidoarjo?, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Mengenal Kegiatan Musyawarah dengan penerapan strategi Membaca Gambar pada siswa kelas II di MI Nurul Huda Ngampelsari Candi-Sidoarjo?Metode penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Dalam satu siklus terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nurul Huda Ngampelsari, Candi-Sidoarjo yang terdiri dari 30 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan strategi Membaca Gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa materi mengenal kegiatan musyawarah mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap aspeknya. Skor sktivitas guru pada siklus I sebesar 73,33dan siklus II menjadi 92,59. Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,65 dan siklus II menjadi 90,90. Skor rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,17 dan siklus II menjadi 76,83 sehingga terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 5,66. Skor prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 61,29% dan siklus II menjadi 77,42% sehingg terjadi peningkatan pada prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 16,13%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Strategi Membaca Gambar
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hariyanti Qurrota A'yunin
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:24
Last Modified: 29 Aug 2016 07:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item View Item