PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPA DI MI WALISONGO DS.BELAHANREJO KEC.KEDAMEAN KAB.GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Nur (2014) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPA DI MI WALISONGO DS.BELAHANREJO KEC.KEDAMEAN KAB.GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPA khususnya materi Wujud Benda, disebabkan adanya dugaan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi.
Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar dalam pembelajaran IPA dulu dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah. Padahal dalam pembelajaran IPA diperlukan pengamatan terhadap perubahan bentuk benda, sehingga penggunaan metode yang tepat dengan penggunaan metode Eksperimen.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum menggunakan metode eksperimen, (2) untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran siswa kelas II di MI Walisongo desa Belahanrejo, (3) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas II di MI Walisongo desa Belahanrejo Kec. Kedamean Kab. Gresik.
Masalah dalam penelitian ini adalah "apakah penggunaan metode Eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Metode pengembangan dalam penelitian ini meliputi: jenis penelitian, subyek penelitian, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan metode analisis data. Rancangan penelitian meliputi tahap-tahap yaitu: tahap pra penelitian, tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksperimen dapat meningkatkan Prestasil belajar siswa kelas II yang berjumlah 28 siswa Tahun pelajaran 2014-2015 di MI Walisongo desa Belahanrejo Kec. Kedamean Kab.Gresik, sehingga hendaknya guru lebih sering menggunakan metode Eksperimen agar anak mempunyai pengalaman langsung yang nyata dan sekolah harus memberikan fasilitas yang memadai agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan II) yaitu masing-masing 64,28% dan 85,71%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal lebih tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mudlofir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen; Prestasi Belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:19
Last Modified: 09 Mar 2015 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item