IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIEN JAMBU LENTENG SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Navilia, Rusdiana (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIEN JAMBU LENTENG SUMENEP. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Tesis ini meneliti tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Al-Amien Jambu Lenteng Sumenep Sumenep”. Dengan rumusan masalah, 1. Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak, 2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: a. untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak, b. untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak. Dengan menggunakan metode penelitian “kualitatif-deskriptif” karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan menggunakan data kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur. Secara praktis dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu:
wawancara ( interview) sebagai tehnik utama dalam penelitian ini, pengamatan (observasi), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu Lenteng Sumenep, diketahui bahwa pendidikan karakter benar-benar telah diimplementasikan dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu dengan cukup baik, yakni dari mulai materi yang diajarkan,
pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, maupun pada evaluasi pembelajarannya. Juga diketahui bahwa dalam pembelajaran akidah akhlak yang terdapat di MA Al-Amien Jambu ini tidak terlepas dari beberapa aspek pembelajaran yang juga biasa dilakukan dalam mata pelajaran lainnya. Yaitu: a.Perencanaan, berupa RPP, silabus, materi ajar, metode, alat/media, dan bentuk evaluasi. b.Proses pembelajaran, pendidikan karakter dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di implementasikan melalui penggunaan metode
yang bervariasi. Serta melalui pengelolaan kelas/tempat duduk yang diatur secara berkala. c.Penilaian, dilakukan dengan tiga cara, yaitu; lisan, pengamatan dan tulis. Kelebihan elebihan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak diantaranya adanya keefektifan metode dan pengelolaan kelas yang kondusif dalam pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah
kekurangtersediaan cukup waktu dalam pembelajaran aqidah akhlak di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hanun Asroah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Navilia, RusdianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pendidikan Mental; Akhlaq; Aqidah Akhlak;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 02:56
Last Modified: 06 Mar 2015 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item