PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN MEDITASI ASMAUL HUSNA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN AKTUALISASI DIRI MAHASISWA DI PESMA AN-NUR SURABAYA

Nurafidah, Januarti (2016) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN MEDITASI ASMAUL HUSNA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN AKTUALISASI DIRI MAHASISWA DI PESMA AN-NUR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh Bimbingan Konseling Islam dengan meditasi asmaul husna terhadap kemampuan aktualisasi diri mahasiswa di PESMA An-Nur Surabaya?, (2) Bagaimana tingkat signifikansi Bimbingan Konseling Islam dengan meditasi asmaul husna terhadap kemampuan aktualisasi diri mahasiswa di PESMA An-Nur Surabaya?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen analisis uji-T (Paired sample T-test). Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan angket Pret test dan Post Test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 30 mahasiswa angkatan 2015 di PESMA An-Nur Surabaya. Adapun indikator dari masing-masing variabel adalah 1) Mengaktualisasikan dirinya, percaya diri, dan tidak bergantung kepada orang lain serta dapat menyesuaikan diri di lingkungan pesanten dengan baik. Pemahaman terhadap asmaul husna yang dapat ditanamkan dalam sifat dan sikap diri. 2) Aktualisasi dalam hal ini dibatasi pada: aspek Realita, Introspeksi Diri, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Luas.
Dalam penelitian ini proses konseling menggunakan meditasi asmaul husna dengan methode renungan dan berdzikir kepada Allah terhadap aktualisasi diri mahasiswa. Langkah selanjutnya adalah melihat adanya pengaruh atau tidaknya Bimbingan dan Konseling Islam dengan Meditasi Asmaul Husna Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktualisasi Diri Mahasiswa di Pesma An-Nur Surabaya. Dengan melihat hasil uji-T menunjukkan bahwa korelasi 0,998 > 0,048. Nilai korelasi lebih besar dari pada nilai sig, hal ini menunjukkan adanya Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan Meditasi Asmaul Husna Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktualisasi Diri Mahasiswa di PESMA An-Nur Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meditasi Asmaul Husna; Aktualisasi Diri
Subjects: Asmaul Husna
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurafidah Januarti
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:52
Last Modified: 26 Aug 2016 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item View Item