PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATION SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyrifah, Chilmiyyatul (2016) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATION SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya dalam meningkatkan self regulation siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experiment dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur (skala) yang digunakan adalah skala self regulation yang diadaptasi dari skala Lailiyah (2015). Teknik analisis data menggunakan Paired samples t test. Reliabilitas skala self regulation sebesar 618 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian treatment dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan self regulation siswa. Hal ini dilihat dari perbandingan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil uji paired samples t-test dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, karena lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan nilai rata-rata perolehan kelompok Eksperimen sebesar 2.732501 lebih besar dari nilai rata-rata perolehan kelompok kontrol sebesar 0.52500, artinya terdapat perbedaan self regulation antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh antara metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam meningkatkan self regulation siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyrifah, ChilmiyyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Psikologi Belajar
Psikologi > Self Regulated Learning
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya; Self Regulation Siswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Musyrifah Chilmiyyatul
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:00
Last Modified: 29 Aug 2016 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item