EVALUASI PEMBELAJARAN HAFALAN ALFIYAH DI PONDOK PESANTREN AL MA’RUF BANDAR LOR KEDIRI

A’yun, Qurrotul (2014) EVALUASI PEMBELAJARAN HAFALAN ALFIYAH DI PONDOK PESANTREN AL MA’RUF BANDAR LOR KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Evaluasi Pembelajaran Hafalan Alfiyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana konsep evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Bandar Lor Kediri dan bagaimana pelaksanaan evaluasi hafalan nadzam Alfiyyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai konsep evaluasi pembelajaran, teknik evaluasi, serta implementasi pembelajaran hafalan, khususnya hafalan nadzam Alfiyyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri, karena dalam mengomunikasikan ilmu pengetahuan agar berjalan secara efektif perlu menerapkan berbagai metode mengajar sesuai dengan tujuan situasi dan kondisi yang ada guna meningkatkan pembelajaran dengan baik.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri adalah guru melaksanakan sidang sebelum pelaksanaan imtihan. Sistem evaluasi di Pondok Pesantren Al Ma’ruf diantaranya perencanaan yang meliputi waktu, serta instrument penilaian yang digunakan, namun tidak terdapat nilai ukur yang jelas yang dapat digunakan sebagai standar dalam pengevaluasian keberhasilan dan kegagalan peserta didik, dan belum ditemukan bentuk perencanaan evaluasi yang dibuat yaitu kisi-kisi soal yang merupakan acuan bagi penyusun instrumen sehingga test yang digunakan disusun berdasarkan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. Sedangkan hasil dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran hafalan Alfiyyah sudah terbilang berhasil dalam pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana imtihan, yang mana hasil prosentase yang diperoleh itu selanjutnya dapat digunakan sebagai tolak ukur ketuntasan santri dalam evaluasi, serta memperbaiki cara belajar santri

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Hafalan Alfiyah; Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2015 03:56
Last Modified: 05 Mar 2015 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item