STUDI EKONOMI KEAGAMAAN GEREJA YESUS KRISTUS DARI ORANG-ORANG SUCI ZAMAN AKHIR DI SURABAYA TAHUN 2003-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafridha, Silvy Mafisahtin Ainun (2016) STUDI EKONOMI KEAGAMAAN GEREJA YESUS KRISTUS DARI ORANG-ORANG SUCI ZAMAN AKHIR DI SURABAYA TAHUN 2003-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Dalam teori ekonomi agama, institusi agama disebut sebagai perusahaan agama atau produsen yang menciptakan berbagai produk agama yang kemudian dipasarkan oleh distributor guna menarik konsumen agar bergabung menjadi jemaatnya. Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir adalah salah satu contoh perusahaan agama di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa aktivitas ekonomi keagamaan yang dikembangkan di gereja tersebut dan bagaimana perkembangan data jemaatnya dalam kurun waktu antara tahun 2003-2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (field research). Sumber data yang digunakan diantaranya wawancara dengan pengurus gereja, observasi program gereja, dan dokumentasi yang diperoleh dari data jemaat, artikel-artikel baik dari jurnal online maupun artikel informasi yang berasal dari gereja, foto, serta beberapa buku. Hasil dari penelitian ini ialah bahwasanya aktivitas ekonomi keagamaan yang dikembangkan di Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir ‎ berbasis kekeluargaan yakni bertujuan untuk mempererat ikatan keluarga ‎diantara para jemaatnya. Produsen gereja memproduksi berbagai produk ‎agama yang terwujud dalam program-program kegiatan diantaranya: ‎Pertemuan Sakramen (ibadah mingguan), Kursus Bahasa Inggris, Open ‎House, dan lain sebagainya. Para misionaris gereja bertindak sebagai ‎distributor yang memperkenalkan dan menyebarkan informasi-informasi ‎tentang seluk-beluk Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir ‎kepada konsumen melalui dakwah bersepeda, dakwah di media sosial, dan ‎lain-lain dengan tujuan menarik konsumen agar menjadi jemaat gereja. Selain itu, dari data jemaat menunjukkan bahwa terdapat kenaikan setiap tahunnya, sehingga eksistensi Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir tetap terjaga di tengah isu yang mengatakan jika gereja ini sesat dan menyimpang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafridha, Silvy Mafisahtin Ainunsilvymafisahtin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Syafridha Silvy Mafisahtin Ainun
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:36
Last Modified: 29 Aug 2016 01:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item View Item