KOMUNIKASI KELOMPOK PENYANDANG DISABILITAS PADA YAYASAN BINA KARYA TIARA DI SURABAYA

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2016) KOMUNIKASI KELOMPOK PENYANDANG DISABILITAS PADA YAYASAN BINA KARYA TIARA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Penyandang Disabilitas di Yayasan Bina Karya Tiara. Yayasan Bina Karya Tiara adalah yayasan yang menaungi kelompok penyandang disabilitas yang bergabung menjadi satu karena kesamaan ingin menaikkan taraf hidup yang lebih baik yaitu dengan bekerja dibidang kerajinan yang mendaur ulang bahan limbah menjadi kerajinan tangan. Usaha kreatif kelompok penyandang disabilitas di Indonesia sangat banyak salah satunya yaitu “Tiara Handycraft”. Dalam hal ini peneliti meneliti kelompok penyandang disabilitas “Tiara Handycraft”. Dalam hal ini peneliti berupaya merumuskan bagaimana komunikasi kelompok di kalangan anggota yayasan Bina Karya Tiara dalam meningkatkan motivasi kerja? Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok di kalangan anggota yayasan Bina Karya Tiara. Penelitian ini bersifat Kualitatif-Deskriptif dengan melakukan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur serta observasi lapangan.
Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Komunikasi interpersonal dilakukan dengan cara saling membantu dalam memberikan pengajaran dan sharing untuk menghasilkan produk-produk kreatif dengan diadakannya pelatihan kerja. Disamping saling menjaga kekompakan dan kekeluargaan, mereka juga dilatih untuk memasarkan produk-produk mereka dan menampung kesenangan dan keluhan para pelanggan. (2) merupakan komunikasi kelompok kecil karena sering sekali terjadi hubungan informal. Komunikasi kelompok berlangsung melalui tatap muka atau bertemu langsung dan juga melalui media komunikasi baik secara formal maupun non formal untuk menyebarkan hal-hal yang bersifat produksi dan informasi. Dan ada binaan tersendiri dalam meningkatkan produktivitas kerja yakni adanya pelatihan dan dalam meningkatkan motivasi kerja tidak ada binaan tersendiri. Untuk kelompok penyandang disabilitas “Tiara Handycraft” agar tetap mempertahankan komunikasi yang sudah dijalin antar anggota agar tetap bisa produktif serta meningkatkan motivasi kerja dan dapat memajukan Tiara Handycraft itu sendiri. Untuk Prodi Ilmu Komunikasi diharapkan dapat memperkaya kajian ilmu komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyandang Disabilitas
Subjects: Mandiri
Ilmu Komunikasi
Keterampilan
Pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Khoirunnisa Khoirunnisa
Date Deposited: 26 Aug 2016 06:15
Last Modified: 26 Aug 2016 06:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item