PENDAMPINGAN KEMANDIRIAN PETANI DALAM USAHA PANGAN DI DUSUN KARANG TENGAH DESA DUREN KECAMATAN PILANG KENCENG KABUPATEN MADIUN

Mutrikah, Desi (2016) PENDAMPINGAN KEMANDIRIAN PETANI DALAM USAHA PANGAN DI DUSUN KARANG TENGAH DESA DUREN KECAMATAN PILANG KENCENG KABUPATEN MADIUN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 8.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini problem utama yang menjadi kajian adalah ketergantungan masyarakat petani Dusun Karang Tengah terhadap pemilik modal. Dengan fokus masalah, mencapai kemandirian masyarakat petani Dusun Karang Tengah. Pola pendampingan yang dapat dilakukan untuk menangani problem ketergantungan dan perubahan sosial dalam pendampingan komunitas petani Dusun karang Tengah. Teori ini menggunakan teori pendidikan kritis Paulo Freire tentang kesadaran kritis untuk menganalisis masalah ketergantungan masyarakat petani terhadap pemilik modal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Ation Research (PAR). Dengan langkah-langkah proses pemecahan masalah antara lain: Riset pendahuluan, inkulturasi, merumuskan masalah, merancan strategi, pengorganisasian masyarakat, melakukan aksi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perubahan pada masyarakat untuk mandiri dari keadaan yang membelenggu. Karena keadaan tersebut membuat masyarakat semakin tidak berdaya. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan harus adanya pengorganisasian masyarakat serta adanya kelembagaan yang menghimpun dan mengembangkan potensi masyarakat petani Dusun Karang Tengah. Kelembagaan yang dimaksud adalah koperasi Dusun yang dibentuk atas dasar kerjasama komunitas, fasilitator, dan stakeholder yang paham akan masalah dan potensi yang dimiliki komunitas. Adapun realisasi perencanaan tersebut berupa program yang telah digagas bersama komunitas. Program-program tersebut meliputi koperasi Dusun yaitu simpanan pertanian (hasil panen), pelatihan teknologi tepat guna (pemanfaatan hasil pertanian). Dari program-program yang telah dilaksanakan, saat ini masyarakat petani mampu mengelola singkong menjadi tepung mocaf dan mampu memproduksi sebagai bahan untuk membuat makanan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Petani; Usaha Pangan
Subjects: Mandiri
Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutrikah Desi
Date Deposited: 26 Aug 2016 02:04
Last Modified: 26 Aug 2016 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item