Relasi Islam Kristen berbasis kerukunan di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyani, Kartika (2016) Relasi Islam Kristen berbasis kerukunan di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Relasi Islam Kristen Berbasis Kerukunan di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu : Pertama, bagaimana bentuk-bentuk relasi antarumat Islam dan Kristen di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Kedua, bagaimana pandangan masyarakat terhadap relasi Islam-Kristen berbasis kerukunan di Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan yaitu pemeluk agama tersebut, dan aparat daerah Pakis. Selain itu juga peristiwa keagamaan yang berupa peringatan hari besar keagamaan dan keadaan atau situasi yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, adanya suatu relasi antara Islam dan Kristen di Kelurahan Pakis dengan terciptanya keadaan relasi keagamaan masyarakat Pakis antara umat Islam dan Kristen masuk dalam kategori cukup rukun dan damai. Sedangkan bentuk-bentuk relasi Islam dan Kristen berupa pelaksanaan bakti sosial, pelaksanaan perayaan keagamaan, pelaksanaan hari kemerdekaan, dan pelaksanaan perayaan tradisi. Hal ini terbukti dengan adanya bentuk relasi ini terlihat bahwa tidak adanya kejadian konflik antar agama Islam dan Kristen. Hal ini karena ada sebuah benang merah yang dapat ditarik dan dijadikan landasan hidup antarumat beragama yaitu kedua agama tersebut sama-sama mengajarkan cinta, kasih sayang dan penuh kedamaian dengan sesama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyani, Kartikaaryanikartika61@yahoo.comE02212022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127102
Subjects: Agama
Kerukunan Beragama
Keywords: Islam Kristen; Kerukunan beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Ariyani Kartika
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:16
Last Modified: 13 Jan 2020 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item