Kerukunan antar umat beragama: studi tentang interkasi sosial umat Islam dan komunitas Konghuchu di Kelurahan Karangsari Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abrorur, Rizqia Amalia (2016) Kerukunan antar umat beragama: studi tentang interkasi sosial umat Islam dan komunitas Konghuchu di Kelurahan Karangsari Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abrorur Rizqia A_E02212014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari Ke ingin tahuan yang begitu besar tentang kerukunan umat beragama di Karangsari yang mayoritas umat muslim tetapi terdapat Klenteng Tua yang satu—satunya Klenteng menghadap ke Laut. Hal ini mungkin sering terlihat dikota – kota yang memiliki beda keyakinan. Penelitian merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun perumusan masalah adalah: a) bagaimana pemahaman masyarakat tentang kerukunan b) Apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Kerukunan Umat beragama dikarangsari?, c) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat terjadinya Kerukunan antar umat beragama dikarangsari?. Tujuan penelitian ini untuk: 1). Untuk mengetahui pemahaman masyarakat tentang Kerukunan 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Kerukunan antar umat beragama Kelurahan Karangsari Tuban 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat terrjadinya Kerukunan antar umat beragama Dikarangsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer (secara langsung) adalah hasil dari field research (penelitian lapangan) yaitu wawancara dengan tanya jawab responden seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat di kelurahan Karangsari Kota Tuban dan data sekunder (tidak langsung) yaitu literature lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau keadaan kerukunan masyarakat di kelurahan Karangsari Kota Tuban. Hasil penelitian ini yaitu: Terjadinya kerukunan umat di Kelurahan Karangsari tidak lepas dari beberapa faktor di antarannya: 1. Ajaran agama : Karena dalam ajaran setiap agama yang dianut dan diyakini oleh setiap umatnya masing-masing mengajarkan untuk saling menyayangi dan menhormati satu dengan yang lain. 2. Peran pemerintah setempat : Dalam menjalakan roda pemerintahan di Kelurahan karangsari, pemerintah setempat sangat mengutamakan untuk bisa menjaga kerukuna warganya. Sehingga dalam menjalankan roda pemerintakhan tidak mebedabedakan warga yang satu dengan yang lain. 3.Peran pemuka agama setempat ;Peran pemuka agama yang bisa menjaga kaumnya untuk bisa hidup rukun dan berdampinga dengan warga yang lain. Memudahkan terbentuknya proses kerukunan antar warga. Selain itu pemaksimalan peran pemuka agama dalam menjaga, mengawasi dan mengayomi kaumnya mempunyai kontribusi yang besar terjalinnya kerukunan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abrorur, Rizqia Amaliaabrorurizqia12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Kerukunan Beragama
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Interaksi sosial; umat Islam; komunitas Konghuchu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Amalia Abrorur Rizqia
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:13
Last Modified: 13 Nov 2018 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13049

Actions (login required)

View Item View Item