AL MAF'UL AL MUTLAQ WA AGHRAADHUHU FI KITAB AT TA'LIM AL MUTA'ALIM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Razaq, Fathur (2016) AL MAF'UL AL MUTLAQ WA AGHRAADHUHU FI KITAB AT TA'LIM AL MUTA'ALIM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Ilmu Nahwu menjadi salah satu diantara ilmu bahasa yang ada di dalam al-qur’an, Hadist dan kitab-kitab arab lainnya. Istilah modern untuk menyebut kajian ini adalah sintaksis bahasa. Nahwu adalah kaidah-kaidah bahasa arab untuk mengetahui bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (mufrod) atau ketika sudah tersusun (murokkab). Termasuk di dalamnya adalah pembahasan shorof. Dalam ilmu nahwu ada pembagian. Disini peneliti meneliti tentang maf’ul mutlaq, maf’ul mutlaq adalah masdar yang secara lafadz jatuh setelah fiilnya dan menguatkan fiilnya, menjelaskan bilangannya, menjelaskan jenisnya atau mengganti fiilnya dengan bentuk lafadz. Penambahan dalam suatu kata kerja memiliki tujuan tertentu sehingga dapat memunculkan makna baru yang disebut dengan tujuan fungsi. Namun, makna baru yang ada harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Kitab Ta’lim al-Muta’llim adalah salah satu kitab klasik dengan tulisan bahasa arab yang dikarang oleh az zarnuji kurang lebih pada abad 6 hijriah. Yaitu zaman kemerosotan dan kemunduran daulah bani abbasiyah atau periode kedua dinasti abbasiyahsekitar thn 296-656 H. Kitab ini diangkat kepermukaan karena asumsi penulis bahwa pertama, kitab ini telah memasyarakat pada dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan pesantren, kedua, ajaran-ajarannya secara filosufis bersesuaian dengan ruh pendidikan Islam, dan ketiga, semakin pudarnya nilai-nilai Islam dalam praktek pendidikan Islam ,Nilai-nilai adab dalam kitab ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam model pendidikan karakter. Bahwa, pendidikan karakter itu harus berorientasi pada nilai adab. Pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim memiliki nuansa pendidikan ruhiyah yang mengedepankan etika rabbaniyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini). Metode yang dugunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data yang ada pada kitab Ta’lim Muta’alim berupa hadist dan beberapa pernyataan para ulama yang mengandung maf’ul mutlaq serta menjelaskan tujuan dari maf’ul mutlak tersebut. sumber data dalam penelitian ini selain kitab Ta’lim Muta’alim juga buku-buku bahasa arab yang memiliki hubungan dengan judul ini. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah macam-macam maf’ul mutlaq dan tujuan dari maf’ul mutlaq yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’alim yaitu: Adapun macam-macam maf’ul mutlaq yaitu: 1. Maf’ul mutlaq atau masdar lafdhi: 17 hadist/qaul. Sedangkan tujuan-tujuan maf’ul mutlaq yaitu: 1. Makna li-taukidhi’hi: 10 hadits/qaul. 2. Makna li-bayani nau’ihi:7 hadist/qaul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Razaq, Fathurfathurrazaq545@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Nahwu; bahasa arab; sastra arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Razaq Fathur
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:24
Last Modified: 08 Jul 2017 16:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item