MEDIA SOSIAL SOUNDCLOUD SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAKAT : STUDI KASUS KOMUNITAS SOUNDCLOUD SURABAYA

Nurhidayahti, Novia (2016) MEDIA SOSIAL SOUNDCLOUD SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAKAT : STUDI KASUS KOMUNITAS SOUNDCLOUD SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi tentang bagaimana media sosial soundcloud sebagai sarana pengembangan bakat. Khususnya bakat dalam bidang musik seperti menyanyi atau bermain alat musik.
Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif isi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara untuk menegaskan keabsahan data maka dilakukan triangulasi dan penggalian data melalui referensi yang memadai.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Soundcloud Surabaya memanfaatkan media sosial Soundcloud sebagai sarana pengembangan bakat mereka dengan cara membuat dan mengadakan cover lagu bersama para anggota komunitas dan tidak jarang juga mereka menciptakan karya mereka sendiri dan mengunggahnya ke soundcloud. Selain itu, media sosial soundcloud juga dimanfaatkan sebagai ajang upload karya dan unjuk gigi kemudian membagikannya. Karena dengan mengunggah hasil rekaman ke media sosial soundcloud, mereka dapat mengetahui feedback berupa kritik atau saran untuk karyanya. Baik itu cover atau lagu pribadi, dapat dilihat kesalahan atau kekurangan apa yang harus mereka benahi. Tidak hanya itu, dengan adanya media sosial soundcloud mereka dapat melakukan promosi secara tidak langsung terhadap bakat yang mereka miliki, dan hasil karya yang telah diunggah ke media sosial soundcloud dapat juga di sosialisasikan dan bahkan bisa dijual di kemudian hari.
Berdasarkan penemuan tersebut, peneliti memberikan beberapa saran sebagai pertimbangan. Meskipun sudah ada beberapa cover project yang berjalan dan undangan-undangan untuk tampil diatas panggung semakin banyak, komunitas soundcloud Surabaya juga perlu untuk tampil langsung ditengah kerumunan orang-orang atau warga dijalan. Seperti contohnya di Taman Bungkul atau Alun-Alun Sidoarjo. Dengan menggelar acara on the road komunitas ini akan dikenal oleh lebih banyak orang lagi dan bakat mereka akan lebih diakui lagi.
Tak hanya itu, komunitas ini juga bisa saja menyumbangkan bakat mereka ke arah bakti sosial seperti tampil di rumah penyandang penyakit kanker, atau lain sebagainya. Dengan begitu, bakat mereka dapat menjadi penyemangat yang pas bagi mereka yang merasa kurang sehat dan dapat menghibur mereka dengan lagu-lagu atau musik-musik yang mereka bawakan.

Kata Kunci : Media Sosial, Soundcloud, Pengembangan Bakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Soundcloud; Pengembangan Bakat
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Informasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nurhidayahti Novia
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:15
Last Modified: 25 Aug 2016 08:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item