ILTIFAT KETIKA SALAT DALAM SUNAN AL- TIRMIDHI NOMOR INDEKS 589

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqon, Ahmad Wafi (2016) ILTIFAT KETIKA SALAT DALAM SUNAN AL- TIRMIDHI NOMOR INDEKS 589. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surbaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena penulis menemukan beberapa pemahaman tentang iltifa>t ketika salat, yaitu menoleh dengan lehernya, namun ada juga yang melakukan dengan lirikan mata, bahkan menoleh dengan badannya. Dan iltifa>t di dalam salat ini berkaitan dengan arah salat dalam menghadap kiblat, Sedangkan dalam salat diharuskan untuk menghadap kiblat.Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai kualitas, keh}ujjahan, dan subtansial hadis tentang Iltifa>t ketika salat dalam Sunan Al-Tirmidhi> nomor indeks 589. Sifat dari penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas, maka pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Sunan Al-Tirmidhi dan dibantu dengan kitab standar lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhri>j dan diakhiri dengan metode i’tibar al-sanad, serta melakukan analisa sanad dan matan serta melakukan pemaknaan dengan beberapa langkah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis dalam Sunan Al-Tirmidhi> nomor indeks 589 berkualitas h}asan lidha>tihi sehingga bisa dijadikan hujjah. makna iltifa>t ditinjau dari beberapa aspek berarti menoleh dengan lehernya ke arah atas, kanan atau kiri. Karena orang yang sedang salat itu diperintahkan untuk menghadapkan wajahnya ke arah qiblat, tidak condong ke kanan atau ke kiri. Demikian juga menoleh hanya sebatas penglihatannya, dengan melihat ke arah kanan dan kiri. Dalam hal ini dapat mengurangi pahala salat seseorang. Karena orang yang sedang salat seharusnya memposisikan pandangannya tepatnya melihat ke tempat sujud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqon, Ahmad Wafiwafieedogawa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Salat
Hadis
Uncontrolled Keywords: Iltifat ; Menoleh Salat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Rizqon Ahmad Wafi
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:14
Last Modified: 29 Aug 2016 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item View Item