PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA BIG BOOK KELAS IV MINU WARU II SIDOARJO

Musfauziyah, Musfauziyah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA BIG BOOK KELAS IV MINU WARU II SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Guru terbiasa menyampaikan materi dengan metode pembelajaran secara konvensional yakni ceramah, sehingga. Siswa tidak diberi kesempatan untuk membaca pada awal pembelajaran. Secara tidak langsung ada beberapa siswa kurang memahami bahkan belum siap untuk mengikuti pembelajaran dikarenakan belum membaca . Maka dari itu, untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui media Big Book.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan media Big Book terhadap keterampilan membaca pemahaman pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media Big Book siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media Big Book dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MINU WARU II Waru Sidoarjo. Dalam pengumpulan data penulis mengukur pengetahuan dan keterampilan menggunakan tes dan penilaian produk dan juga teknik non tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Big Book sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat data hasil observasi aktivitas guru yang mencapai nilai 7,8 dan hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai nilai 7,3 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yakni data hasil observasi aktivitas guru mencapai nilai 9,5 dan hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai nilai 9,2. (2) Keterampilan membaca pemahaman peserta didik sudah meningkat, pada siklus I sebanyak 10 dan 9 peserta didik yang tuntas dengan rata-rata nilai 73 dan 75, pada siklus II menjadi 16 dan 18 peserta didik yang tuntas dengan rata-rata nilai 86,4 dan 93,8 untuk nilai produk dan tes. Nilai rata-rata yang dicapai secara klasikal pada siklus I ke siklus II dinyatakan tuntas. Sedangkan prosentase ketuntasan keterampilan membaca pemahaman pada siklus I masih mencapai 39% dan 50% menjadi 86,4% dan 100% pada siklus II dengan kategori baik, untuk penilaian produk dan tes.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman; Media Big Book
Subjects: Fiksi
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: musfauziyah musfauziyah
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:12
Last Modified: 29 Aug 2016 03:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12977

Actions (login required)

View Item View Item