PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENIKAH DI USIA REMAJA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunisak, Binti (2016) PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENIKAH DI USIA REMAJA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menggali, menemukan dan menggambarkan proses yang dilalui remaja dalam mengambil keputusan untuk menikah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan strategi case studi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah wanita yang menikah di usia 18 tahun, menikah bukan karena dijodohkan dan tidak hamil diluar nikah.Penelitian ini menemukan empat kategori temuan yang mana satu kategori temuan merupakan temuan utama, dan tiga kategori temuan merupakan temuan lainnya sebagai pendukung temuan utama. Pertama, terdapat beberapa proses yang dilalui remaja dalam pengambilan keputusan, mulai dari mengenali masalah yang ada, menetapkan tujuan yang ingin dicapai, memahami masalah yang sedang terjadi, hingga akhirnya menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan remaja, dan diteruskan dengan tahap memilih, dimana remaja memiliki alasan tertentu untuk memilih menikah di usia remaja, selanjutnya remaja menerapkan tujuan tersebut setelah menikah.Adapun temuan lain yang di temukan sebagai data tambahan. Pertama, ditemukan adanya alasan remaja menikah muda yaitu karena saling menyukai, ingin memiliki banyak anak, hingga agar terhindar dari perjodohan yang tak diharapkan Kedua, ditemukan persiapan yang dilakukan sebelum menikah yaitu, persiapan ilmu untuk bekal pernikahan dan untuk bekal ketika memiliki anak, persiapan diri agar setelah menikah tanggung jawab seorang isteri dapat terlampaui. Adapun persiapan yang wajib dilalui oleh calon isteri adalah menjalankan suntuk TT. Ketiga, ditemukan adanya faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk menikah pada remaja diantaranya Circumstance (keadaan sekitar), Preferences (harapan dan tujuan), Emotions (suasana hati), Actions, (pencarian informasi dan berdiskusi dengan orang lain), dan Beliefs (keyakinan dalam pengambilan keputusan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunisak, Bintikhoirunisakbinti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan; Pernikahan; Remaja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Khoirunisak Binti
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:41
Last Modified: 26 Aug 2016 01:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12940

Actions (login required)

View Item View Item