TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JASA TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK BERDASARKAN CONTRACT DRAFTING DENGAN AKAD MUSHARAKAH YANG DITERAPKAN OLEH PT. GOJEK INDONESIA CABANG TIDAR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

sholikha, niamatus (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JASA TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK BERDASARKAN CONTRACT DRAFTING DENGAN AKAD MUSHARAKAH YANG DITERAPKAN OLEH PT. GOJEK INDONESIA CABANG TIDAR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Jasa Transportasi Online Gojek berdasarkan Contract Drafting dengan Akad Musharakah yang diterapkan oleh PT. Gojek Indonesia Cabang Tidar Surabaya”, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana praktik jasa transportasi online Go-Jek berdasarkan contract drafting yang diterapkan oleh PT. Go-Jek Indonesia cabang Tidar Surabaya? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik prosedur pemesanan jasa transportasi online Go-Jek berdasarkan contract drafting dengan akad musharakah di PT. Go-Jek Indonesia cabang Tidar Surabaya? Jenis Penelitian adalah Penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena tentang data yang diperoleh, yaitu tentang Jasa Transportasi Online Gojek berdasarkan Contract Drafting dengan Akad Musharakah yang diterapkan oleh PT. Gojek Indonesia Cabang Tidar Surabaya. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir Induktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan setelah itu dihubungkan dengan teori Musharakah. Dimana gojek Indonesia membuat kesepakatan dengan driver bahwa, untuk layanan jasa transportasi gojek menggunakan sistem online berdasarkan aplikasi yang telah di unduh dalam smartphone, dan tidak boleh manual (offline). Dikarenakan gojek merupakan jasa layanan angkutan ojek sepeda motor berbasis aplikasi di telepon seluler (smartphone). Namun dalam praktiknya hingga saat ini terdapat beberapa para driver gojek maupun customer masih menggunakan secara manual (offline) / tidak menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh perusahaan yang telah disepakati oleh driver. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, Praktik jasa transportasi online Go-Jek berdasarkan contract drafting oleh PT. Go-Jek Indonesia cabang Tidar Surabaya yaitu melalui aplikasi gojek yang sudah di install dan praktik pelayanan jasa transportasi ojek yang dilakukan oleh driver menurut hukum Islam tidak diperbolehkan, sebab hal tersebut termasuk dalam perbuatan yang melanggar dan terdapat unsur penipuan dalam bagi hasil. Karena perusahaan memang sudah menerapkannya dengan sistem online pada awal akad perserikatan dan hal tersebut juga disepakati oleh para driver gojek. Selain itu ada sebagian driver yang memenuhi rukun dan syarat. Dari kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran kepada para driver untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT. Gojek Indonesia dengan melaksanakan pelayanan berdasarkan aplikasi yang menjadi pedoman dalam melakukan transaksi yang dapat mempermudah baik untuk pengendara atau penumpang dalam menjalanakan transaksi tersebut. Kepada perusahaan membuat peraturan dan perubahan kebijakan mengenai prosedur pemesanan jasa transportasi, jika memang tidak menggunakan online agar tetap melaporkan hasil pendapatan yang telah diselesaikan oleh para driver.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
sholikha, niamatusichacha274@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sholikha Niamatus
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:26
Last Modified: 26 Aug 2016 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item