AMBISI MATARAM ISLAM UNTUK MENGUASAI BLAMBANGAN : MASA SULTAN AGUNG DAN AMENGKURAT I ABAD KE-17

Mufidah, Laila (2016) AMBISI MATARAM ISLAM UNTUK MENGUASAI BLAMBANGAN : MASA SULTAN AGUNG DAN AMENGKURAT I ABAD KE-17. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ambisi Mataram Islam untuk Menguasai Blambangan: Masa Sultan Agung dan Amangkurat I Abad ke-17”. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) bagaimana gambaran kepemerintahan antara Sultan Agung dan Amangkurat I ? (2) mengapa Sultan Agung dan Amangkurat I berupaya menaklukkan wilayah Blambangan? (3) bagaimana hasil dari penaklukkan terhadap Blambangan oleh Sultan agung dan Amangkurat I ?. Metode yang digunakan dalam skripsi ini dengan metode Sejarah (historis), Metode ini berfungsi untuk mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa masa lampau. Mengumpulkan jejak-jejak masa lalu yang dikenal sebagai data sejarah atau kegiatan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menelusuri berbagai literatur. Kemudian melakukan kritik sumber yang didapat untuk mendapatkan keabsahan sumber. Setelah itu melakukan interpretasi atau penafsiran terhadab sumber. Tahap selanjutnya yaitu historiografi, Di dalam tahap ini, aspek kronologis sangat penting. Penulisan dalam penelitian ini diuraikan berdasarkan sistematika yang terdiri dari beberapa bab. Teori yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan teori konflik dan teori kekuasaan Karl Marx.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pada masa kepemerintahan Sultan Agung mencapai puncak kejayaan Mataram dan memberlakukan politik ekspansi sehingga hampir seluruh pulau Jawa berhasil dikuasainya. Sedangkan masa kepemerintahan Amangkurat I terjadi banyak pemberontakan yang dikarenakan kepemimpinannya yang semena-mena dan kurang memperhatikan kepentingan rakyat. (2) Keinginan Sultan Agung untuk mempersatukan Pulau Jawa dan ingin mengislamisasikan Blambangan, sedangkan Amangkurat I sebagai penerus Sultan Agung harus mempertahankan Blambangan yang telah berhasil dikuasai Sultan Agung sebelumnya. (3) Meskipun Blambangan sempat ditaklukkan sepenuhnya oleh Sultan Agung, namun pada masa Amangkurat I pengganti Sultan Agung, Blambangan mampu bangkit dan melepaskan diri dari kekuasaan Mataram. Pada masa Amangkurat I penyerangan terhadap Blambangan adalah untuk mempertahankan wilayah Blambangan dari kekuasaan Mataram akan tetapi, keadaan tersebut dimanfaatkan untuk pembalasan dendam terhadap Wiraguna. Keadaan Blambangan sendiri masih mampu bangkit dengan bantuan dari Bali.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mataram
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Mufidah Laila
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:42
Last Modified: 26 Aug 2016 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item