PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI MI NURUS SYAFI’I GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuaidah, Tsamratul (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI MI NURUS SYAFI’I GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas VI MI Nurus Syafi’i Gedangan Sidoarjo. Hal ini disebabkan penerapan media pembelajaran yang kurang mampu menarik perhatian siswa. Selain itu metode yang digunakan guru masih belum bisa melibatkan siswa aktif secara keseluruhan saat pembelajaran. Terbukti dari 28 siswa hanya 15 siswa yang tinggi minat belajarnya terhadap mata pelajaran IPA, sedangkan 13 siswa memiliki minat belajar rendah . Ini menunjukkan persentase minat belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA sebanyak 53% dengan kriteria rendah sekali. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI terhadap mata pelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran augmented reality dalam pembelajaran IPA kelas VI MI Nurus Syafi’i Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI MI Nurus Syafi’i Sidoarjo dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran IPA kelas VI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Terbukti adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan skor 78 dan siklus II dengan skor 94. Selain itu peningkatan juga ditunjukan pada aktivitas mengajar guru di siklus I dengan skor 79 dan siklus II dengan skor 96. Penerapan media augmented reality ternyata mampu meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VI MI Nurus Syafi’i. Terbukti nilai rata-rata minat belajar siswa saat pra siklus 61, siklus I 71, dan siklus II 75. Sedangkan persentase siswa yang memiliki minat belajar tinggi terhadap pembelajaran IPA saat pra siklus 53 %, siklus I 68 %, dan siklus II 89 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuaidah, TsamratulTsamratulfuaidah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuaidah Tsamratul
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:29
Last Modified: 29 Aug 2016 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item