ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PERWAKILAN PENGELOLAAN DANA PERMAKANAN DINAS SOSIAL SURABAYA : STUDI KASUS DI KELURAHAN BUBUTAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widi, Pramita Lidya (2016) ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PERWAKILAN PENGELOLAAN DANA PERMAKANAN DINAS SOSIAL SURABAYA : STUDI KASUS DI KELURAHAN BUBUTAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Maṣlaḥah mursalah Terhadap Perwakilan Pengelolaan Dana Permakanan DinasSosial Surabaya (Studi Kasus di Kelurahan Bubutan Surabaya)” merupakan penelitian yang akan menjawab permasalahan: 1) Bagaimana mekanisme pengelolaan dana permakanan Dinas Sosial oleh pengurus permakanan untuk penderita cacat di Kelurahan Bubutan? dan 2) Bagaimana analisis maṣlaḥah mursalah terhadap mekanisme perwakilaan pengelolaan dana permakanan Dinas Sosial oleh penguruspermakanan untuk penderita cacat di KelurahanBubutan? Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena. Data yang diperoleh tentang pengelolaan dana permakanan Dinas Sosial Surabaya dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu berbagai hal mengenai konsep wakālah dan ujrah. Setelah menjelaskan konsep-konsep akan dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan.Pengelolaan dana permakanan Dinas Sosial oleh pengurus permakanan untuk penderita cacat diserahkan kepada IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) dan warung harus mengelola dana dengan sebaik–baiknya, tidak mengurangi maupun melebihkan menu makanan yang telah dijadwalkan oleh Dinas Sosial. Penggantian menu makanan harus dengan ijin dari Dinas Sosial. Dalam sehari sasaran mendapatkan satu kali jatah makanan yang diantar setiap pagi hari. Setiap mengantarkan makanan untuk para sasaran, warung mendapat upah Rp. 500 (Lima Ratus Rupiah) setiap alamat, jika terdapat dua sasaran dalam satu rumah maka tetap mendapat Rp. 500 (Lima Ratus Rupiah). Analisis maṣlaḥah mursalah pada praktik pengelolaan dana permakanan Dinas Sosial yang dilakukan oleh pihak IPSM dan warung pada dasarnya diperbolehkan karena sesuai dengan syarat-syarat maṣlaḥah mursalah.Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan kepada seluruh masyarakat yang hendak melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti Dinas Sosial dengan pihak IPSM dan warung untuk lebih memahami aturan yang telah diatur dalam hukum Islam mengenai wakālah dan ijarah. Hal tersebut diharapkan untuk menghindari adanya penyimpangan syariat Islam dan menjadikan kegiatan kerjasama sebagai kegiatan yang diberkahi oleh Allah Swt. Penulis juga menyarankan kepada pihak Dinas Sosial untuk memberikan anggaran lebih supaya pihak warung mendapatkan upah lebih besar dari sebelumnya. Segera menerbitkan data pengganti sasaran apabila sasaran sebelumnya pindah atau meninggal dunia dan menambahkan kuota untuk calon sasaran agar lebih menjangkau semua penderita cacat lainnya yang membutuhkan bantuan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widi, Pramita Lidyalidyawidy95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan dana; maslahah mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Pramita Lidya Widi
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:52
Last Modified: 25 Aug 2016 01:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item