Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah Draw A Picture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyanti, Ayuk (2016) Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah Draw A Picture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Mengingat pentingnya mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual yang disajikan dalam bentuk soal cerita matematika, maka perlu disusun model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang memberikan ruang untuk melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah pembelajaran matematika berbasis masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan pembelajaran matematika berbasis masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan mempermudah siswa dalam memecahkan masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase. Namun pada penelitian ini hanya dibatasi pada empat fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisaisi, serta fase tes, evaluasi dan revisi. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 36 siswa kelas VIIIA SMP IPIEMS Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,92. Kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,94. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan memperoleh rata-rata nilai B yang artinya perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan memperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 18,5. Keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan jumlah langkah yang terlaksana yaitu 32 langkah dan prosentase keterlaksanaan sebesar 100%. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh rata-rata sebesar 3,79. Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase sebesar 71,7%. Hasil belajar siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya standar keberhasilan setiap siswa dilihat dari penguasaan indikator (afektif, kognitif, psikomotorik) yaitu mencapai rata-rata 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyanti, Ayukayukah21@gmail.comD34212054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika; Pemecahan masalah Polya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hariyanti Ayuk
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:09
Last Modified: 15 Nov 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item