STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI INDONESIA UNTUK LITERASI MEDIA PADA MASYARAKAT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Nur (2016) STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI INDONESIA UNTUK LITERASI MEDIA PADA MASYARAKAT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi media sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah banyaknya persoalan yang terjadi pada media massa saat ini. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga-lembaga masyarakat guna meningkatkan daya melek masyarakat terhadap media massa. IMIKI termasuk lembaga yang melakukan upaya pendidikan literasi media kepada masyarakat melalui terjun ke masyarakat langsung dan juga seminar. Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui lebih jelas bagaimana perencanaan komunikasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk literasi media pada masyarakat, bagaimana aktivitas Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk literasi media pada masyarakat, dan juga bagaimana evaluasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk literasi media pada masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam kalimat. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang akan diteliti dengan data-data dari informan. Subyek penelitian ini adalah Ketua IMIKI dan juga beberapa jajarannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem sosial yang asumsi dasarnya adalah model yang dididentifikasi dengan akronim AGIL (adaptation, goal attainment, integration, latency) yang menjelaskan fungsi dasar sistem sosial yang harus ditampilkan kalau sistem itu ingin bertahan. Teori sistem sosial dalam bidang komunikasi menjelaskan tentang bagaimana suatu organisasi bisa berkomunikasi ke luar organisasi sebagai agen perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi media merupakan perencanaan yang telah dirumuskan oleh IMIKI sebagai strategi untuk mencapai tujuan meningkatkan kemampuan literasi media kepada masyarakat. Strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media adalah dengan 4 tahap kunci, yaitu planning, organizing, actuating, and controlling. Perencanaan meliputi sasaran literasi media, pesan yang akan disampaikan, pengkajian tujuan, media yang digunakan dan optimalisasi sumber daya manusia dalam IMIKI. Pengorganisasian meliputi tim dalam kegiatan literasi media. pelaksanaan literasi media yang dilakukan dengan cara penyuluhan atau sosialisasi. Pengawasan yang dilakukan dengan cara pemberian nomor pengaduan dari pihak KPID Jatim kepada masyarakat dan juga meminta kontak dari masyarakat untuk memantau perubahan setelah literasi media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lilik Hamidah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Nurnursholichah5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Keywords: Strategi komunikasi; literasi media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: sholichah Nur
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:58
Last Modified: 25 Aug 2016 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item