IMPLEMENTASI INTEGRASI PENDIDIKAN DI MTS FATTAH HASYIM KE DALAM SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN : STUDI KASUS DI BUMI DAMAI AL-MUHIBBIN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Mukhammad (2014) IMPLEMENTASI INTEGRASI PENDIDIKAN DI MTS FATTAH HASYIM KE DALAM SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN : STUDI KASUS DI BUMI DAMAI AL-MUHIBBIN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, pendidikan terus-menerus dibangun dan dikembangkan agar dari proses pelaksanaannya menghasilkan generasi yang diharapkan. Dalam rangka menghasilkan peserta didik yang diharapkan dan unggul, dalam prestasi
dan akhlak, pendidikan klasik yang masih diasumsikan adanya unsur dikotomi baik bersifat sistemik, instruksional, dan institusional atau yang oleh Nur Kholis Majid dikatakan dengan Dikotomi Ilmu, perlu dikembangkan lagi dengan sistem
Integrasi pendidikan yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik (emporing of student) secara komprehensif. Sehingga, integrasi pendidikan MTs Fattah Hasyim masuk dalam sistem pendidikan pesantren BDM dalam bentuk
integrasi kelembagaan, integrasi kurikulum dan integrasi kepribadian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Model Integrasi pendidikan di MTs Fattah Hasyim ke dalam sistem pendidikan pondok pesantren Bumi Damai al Muhibbin (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam implementasi
model Integrasi tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian : 1. Pendekatan Penelitian: Kualitatif, 2. Sumber Data, Primer: MTs Fattah Hasyim dan Pesantren Al Muhibbin dan sumber sekunder yang Relevan. 3. Metode Kajian: Metode
Analisis Deskriptif, Metode wawancara, Metode dokumentasi dan Observasi, 4.Teknik analisi : reduction, data display, dan conclution drawing / verification, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya Implementasi Model Integrasi Pendidikan di MTs Fattah Hasyim ke dalam sistem pendidikan pesantren
BDM ada 3 (tiga) yaitu : Pertama, Integrasi Kelembagaan sebagai wadah atau media terjadinya proses pembelajaran yang saling menunjang dan memiliki latar belakang kemandirian dan tidak tergantung dengan kepemilikan pihak atau institute yang lain. Kedua, Integrasi Kurikulum sebagai ukuran target atau badget yang harus terpenuhi secara komprehensif dan tidak parsial baik instruksional
maupun institusional, sehingga potensi peserta didik mampu meliputi dengan aktif terhadap apapun konsep teoritis dan praktis yang ada di MTs Fattah Hasyim dalam sistem pendidikan pesantren di BDM. Ketiga, Integrasi Kepribadian
sebagai out put dan out come yang dikemas dalam bentuk target visi misi yang tercapai, ada 2 klasifikasi dari integrasi kepribadian ini, yaitu : Integrasi Intrapersonal dan interpersonal yang merupakan dampak dari wujud kepribadian anak yang secara aplikatif mampu menampilkan aksi secara mandiri baik di kamar (keluarga), ribath (masyarakat), dan di MTs FH (sekolah). Kemudian Integrasi tradisi Kultural sebagai bentuk pengembangan pola penyesuaian dan pelestarian yang utuh baik secara individual maupun kolektif terhadap tradisi Islami baik dalam lingkup instruksional maupun institusional sehingga secara sistemik orientasi dalam lingkup yang macro dan micro dapat saling meliputi dengan unsur-unsur kependidikan yang ada di MTs Fattah Hasyim dan Pondok Pesantren al Muhibbin dengan komprehensif. Adapun hambatan yang terjadi adalah kurangnya rasa kepercayaan antar komponen kependidikan dalam orientasi tindakan baik yang bersifat teknis maupun pokok yang sering mengakibatkan disintegrasi konsep maupun praktek, sehingga berdampak terhadap keutuhan dan kesesuaian yang sudah terbentuk dan dipertahankan melalui esensi sebuah kepengurusan, kurikulum dan kepribadian yang saling terkait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Yunus Abu Bakar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, MukhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Uncontrolled Keywords: Integrasi Sistem; Sistem Pendidikan; Pesantren; Bahrul Ulum; Tambak Beras
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2015 07:38
Last Modified: 03 Mar 2015 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item