BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI BEHAVIOR UNTUK MENUNTASKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEORANG SISWA DI MTS MA’ARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholil, Khisbiyah (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI BEHAVIOR UNTUK MENUNTASKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEORANG SISWA DI MTS MA’ARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibahas dengan rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling islam dengan terapi behavior untuk menuntaskan kemandirian belajar anak di Mts Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik (2) Bagaimana hasil pelaksanaan bimbingan dan konseling islam dengan terapi behavior untuk menuntaskan kemandirian belajar siswa di Mts Ma’arif Driyorejo Gresik?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data teori dengan data yang ada di lapangan. Sedangkan dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta peneliti turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan terapi behavior dengan teknik token economy yang merupakan sebuah upaya pemberian bantuan kepada klien, dimana perilaku-perilaku yang ditargetkan (kemandirian belajar) diberikan penguatan yang berasal dari ekstrinsik klien yang berupa sebuah token ( stiker bintang), dan token itu dapat digunakan oleh klien untuk ditukarkan dengan berbagai penguatan yang diharapkan sesuai dengan kontrak awal yang telah dibuat dengan konselor. Selain itu juga konselor memberikan pengukuhan positif yaitu beruka kata-kata pujian terhadap klien jika mampu melaksanakan kontrak perilaku dengan baik. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa klien sebelumnya tidak mandiri dalam belajar dengan ditandai sulitnya ketika diperintah, tidak pernah mengerjakan PR, selalu bergantung dengan temannya, sering menyontek. Dengan menggunakan teknik token economy, hasil akhir dari proses Bimbingan dan Konseling Islam ini dinyatakan cukup berhasil dengan prosesntase 66,6% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku klien yang kurang baik mulai menjadi lebih baik, yakni tidak bergantung pada jawaban temannya atau menyontek. Klien semakin meningkat belajarnya tanpa ada suruhan setelah mendapatkan teknik token economy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholil, Khisbiyahkhisbiyah.kholil.kk@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam dan kemandirian belajar siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kholil Khisbiyah
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:04
Last Modified: 25 Aug 2016 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item