TEMA PEMBERITAAN DAN PENYAJIAN BERITA : KECENDERUNGAN TEMA PEMBERITAAN BERITA TAYANG, TEASER DAN PENYAJIAN BERITA BERDASARKAN SUMBER BERITA PADA PROGRAM SIARAN BERITA BULETIN JATIM DI STASIUN TELEVISI METRO TV JAWA TIMUR PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2015

Suadah, Suadah (2016) TEMA PEMBERITAAN DAN PENYAJIAN BERITA : KECENDERUNGAN TEMA PEMBERITAAN BERITA TAYANG, TEASER DAN PENYAJIAN BERITA BERDASARKAN SUMBER BERITA PADA PROGRAM SIARAN BERITA BULETIN JATIM DI STASIUN TELEVISI METRO TV JAWA TIMUR PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Melalui televisi lokal, masyarakat dapat mengetahui peristiwa maupun info terbaru dari daerahnya bahkan perkembangan apa saja yang terjadi di daerahnya. Program berita di stasiun televisi lokal memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat. Program acara Buletin Jatim memiliki peran penyampai keberagaman informasi pemberitaan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat lokal Jawa Timur.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kecenderungan ragam tema pemberitaan berita tayang, teaser dan penyajiannya berdasarkan sumber berita pada program acara buletin jatim periode Oktober – Desember 2015 di Metro TV Jawa Timur. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan analisis isi deskriptif. Kerangka analisis dalam penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting yang dicetuskan oleh McCombs dan Shaw. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa program berita Buletin Jatim cenderung pada tema pemberitaan politik untuk berita tayang sebesar 17.5%, tema pemberitaan peristiwa untuk teaser sebesar 23.3%. Sedangkan untuk penyajian berita berdasarkan sumber berita, berita tayang lebih banyak menggunakan sumber berita atas nama pribadi untuk memperkuat isi berita sebanyak 60.3%.
Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kajian keilmuan komunikasi khususnya dalam pemberitaan media massa. Kepada redaksi program acara Buletin Jatim diharapkan tetap menjadi program acara berita dengan ragam berita yang faktual dan informatif, sebagai media perantara masyarakat menyampaikan pendapat dan aspirasi untuk pemberitaan lokal khususnya Jawa Timur. diharapkan adanya pemberitaan tentang kearifan lokal Jawa Timur sebagai referensi informasi menarik untuk masyarakat di luar Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hamdun Sulhan
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Berita; Sumber Berita
Subjects: Media Massa
Informasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Suadah Suadah
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:20
Last Modified: 25 Aug 2016 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12699

Actions (login required)

View Item View Item