Perbandingan kemampuan koneksi matematika dalam memecahkan masalah ditinjau dari otak kiri atau otak kanan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assidik, Irsya Nouruzaman (2016) Perbandingan kemampuan koneksi matematika dalam memecahkan masalah ditinjau dari otak kiri atau otak kanan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Salah satu dari lima tujuan matematika diajarkan pada jenjang pendidikan sekolah adalah memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien. Tujuan tersebut secara sederhana bisa disebut dengan koneksi matematika. Koneksi matematika merupakan keterkaitan antar konsep dalam matematika, keterkaitan matematika dengan bidang studi yang lain dan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa dalam memecahkan masalah dibedakan dari dominasi otak kiri atau otak kanan.
Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 porong, dengan menggunakan kelas XI MIPA 5 sebagai sampel penelitian. Sampel akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu siswa yang dominan otak kiri dan siswa yang dominan otak kanan dengan membandingkan kemampuan koneksi matematika tiap kategori. Data hasil kemampuan koneksi matematika siswa dianaisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa yang dominan otak kiri dan siswa yang dominan otak kanan.Hasil penelitian kemampuan koneksi matematika dalam memecahkan masalah ditinjau dari dominasi otak kiri atau otak kanan menggunakan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata (uji-t) didapat bahwa nilai t_hitung sebesar 2,786, sedangkan ttabel sebesar 2,068. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thit > ttab, sehingga dapat diketahui bahwa cukup untuk menolak H0, yang berarti ada perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematika dalam memecahkan masalah antara siswa yang dominan otak kiri dan siswa yang dominan otak kanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assidik, Irsya Nouruzamanirsyaassidik@gmail.comD74212074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHamdani, A. Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematika; Pemecahan Masalah; Dominasi Otak Kiri; Dominasi Otak Kanan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Assidik Irsya Nouruzaman
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:17
Last Modified: 29 Jan 2020 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item