PENERAPAN QUANTUM TEACHING BERMEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ATHFAL BANGERAN DUKUN GRESIK

Nafisah, Zahrotun (2014) PENERAPAN QUANTUM TEACHING BERMEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ATHFAL BANGERAN DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa dan sastara Indonesia di madrasah merupakan suatu bentuk usaha pengembangan bahasa yang dilakukan melalui jalur formal. selain itu, bahasa Indonesia merupakan alat untuk mempelajari, memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi di semua tingkat pendidikan di sekolah. Bahasa adalah alat komunikasi manusia Indonesia, bahsa Indonesia mengalami perkembangan yang kompleks sesuai dengan derapnya kemajuan dan pembangunan. melalui pembelajaran, diharapkan siswa mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar agar dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan.
Quantum teaching mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar. Quantum teaching adalah momen belajar dengan menyingkirkan hambatan yang menghalangi proses belajar alamiah dengan secara sengaja menggunakan musik, mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan pengajaran yang sesuai, cara efektif pembelajaran, keterlibatan aktif siswa dan guru.
Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik bahwa dari empat keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan membaca, menulis, menyimak dan berbicara, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang kurang diminati oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa pada keterampilan menulis lebih rendah dari tiga keterampilan berbahasa lainnya. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut yaitu penerapan metode yang kurang tepat. Pada pembelajaran sebelumnya guru lebih sering menerapkan metode tradisional. Dalam hal ini guru memposisikan sebagai penentu jalannya proses pembelajaran atau dapat dikatakan guru lebih aktif dari pada siswa.
Hal inilah yang menjadi daya tarik peneliti untuk menerapkan quantum teaching bermedia gambar dengan tujuan meningkatkan pembelajaran menulis tesks deskriptif. Melalui teknik ini pembelajaran akan berlangsung menyenangkan karena siswa dapat membuat teks deskripsi dengan cepat sesuai gambar yang dilihat. Menurut hastuti, gambar memiliki beberapa kelebihan, antara lain: dapat menerjemahkan ide-ide abstrak keadaan bentuk yang lebih nyata, banyak tersedia dalam buku-buku, majalah, Koran, katalok dan kalender, gambar sangat mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan, gambar relative tidak mahal, dan gambar dapat digunakan untuk semua tingkat pengajaran dan bidang studi.
Rumusan masalah pada penelitian in adalah: (1) bagaimanakah hasil pembelajaran siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Dukun Gresik pada materi menulis deskriptif dengan penerapan Quantum Teaching bermedia gambar? (2) bagaimanakah respon siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik terhadap penerapan Quantum Teaching bermedia gambar untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks deskriptif?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan pembelajaran Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik pada materi menulis teks deskriptif dengan penerapan Quantum Teaching bermedia gambar. (2) mendeskripsikan respon siswa kelas V MI Tarbiyatul athafal Bangeran Dukun Gresik pada materi menulis teks deskriptif dengan penerapan Quantum Teaching bermedia gambar. (2) mendeskripsikan respon siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik terhadap penerapan Quantum Teaching bermedia gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data berupa lembar hasil tes siswa dan lembar kuesioner (angket), lembar hasil tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Lembar kuesioner (angket) digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menulis Teks Deskripsi dengan menerapkan Quantum Teaching bermedia Gambar.
Setelah menganalisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil pembelajaran siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menerapkan Quantum Teaching bermedia Gambar yang dilakukan selama dua siklus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam menulis teks deskripsi mendapat nilai rata rata 70,16 pada tes awal dan 83,80 pada tahap kedua. (2) respon siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menerapkan Quantum Teaching bermedia Gambar selama dua siklus mengalami peningkatan dengan data 88,00% siswa aktif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran dangan menggunakan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan minat balajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut ; (1) Dalam penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching bermedia gambar sebaiknya guru menggunakan media gambar yang menarik dan bervariasi sesuai tema pelajaran hari itu, agar siswa lebih semangat untuk belajar. (2) setiap metode dan teknik yang diterapkan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga menjadi tugas guru mata pelajaran untuk pandai-pandai dalam memilih manakah metode beserta teknik yang tepat sesuai tema pembelajaran.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Samsul Ma’arif
Uncontrolled Keywords: Penerapan Quantum Teaching; Menulis Teks; Deskriptif
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2015 03:08
Last Modified: 03 Mar 2015 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item